Kenali jenis-jenis Hacker, 1 diantaranya BAIK loh!


Dalam dunia teknologi informasi, kita sudah tidak asing lagi dengan istilah hacker. Apabila mendengar kata tersebut, masyarakat selalu memiliki stigma negative terhadap hacker. Dikarenakan dianggap sebagai salah satu “biang keladi” dan ancaman untuk organisasi ataupun perusahaan. Sehingga, beberapa kali para hacker ini dijadikan kambing hitam dari segala permasalahan sistem, jaringan hingga kerusakan yang terjadi pada perusahaan.


Pada kenyataannya, tidak semua hacker adalah jahat. Ada beberapa hacker yang memiliki tujuan untuk memberikan solusi terhadap segala celah pada sistem sebuah perusahaan. Bukan hanya itu saja, ada beberapa hacker yang memiliki perhatian lebih untuk memberikan informasi terhadap segala kebocoran data yang terjadi. Lalu, apa saja jenis-jenis hacker tersebut? Menurut penjelasan yang dimuat dalam artikel Tech Funnel, terdapat 3 tipe hacker sebagai berikut;


  1. Black Hat: Dalam kategori ini, mereka adalah kelompok yang paling sering dijumpai dan tidak disukai oleh perusahaan. Dikarenakan motifnya sangat jelas yaitu melakukan peretasan untuk mendapatkan keuntungan pribadi seperti uang dan reputasi.

  2. White Hat: Kategori ini merupakan kelompok yang menjadi lawan dari Black Hat. Memiliki tujuan untuk melakukan peretasan pada celah sebuah sistem perusahaan atau mencari-cari kelemahan pada sebuah sistem dan memberikan solusinya terhadap temuan celah tersebut secara langsung. Sehingga meminimalisir segala serangan dan ancaman dari Black Hat melalui celah yang telah ditemukan.

  3. Grey Hat: Hacker dalam kategori ini bisa diibaratkan sebagai “Two Face”, yang mana mereka memiliki 2 pekerjaan yaitu menjaga dan meretas. Sehingga mereka merupakan kelompok yang sangat sulit untuk dipercaya.

Nah, dari ketiga jenis hacker tersebut, terdapat satu tipe yang memiliki indikasi positif yaitu White Hat, dikarenakan mereka fokus kepada memberikan solusi untuk menutupi celah sistem yang ada pada perusahaan. Sehingga, segala ancaman dan serangan dapat diminimalisir untuk mendapatkan keamanan yang diinginkan oleh perusahaan.


Lalu, apa saja pekerjaan yang dapat dilakukan oleh White Hat untuk dapat memberikan pelayanan dan solusi terbaik dalam keamanan perusahaan? Pada dasarnya, White Hat memiliki 2 tim yang bekerja sama dalam membentuk dan menjaga sebuah sistem keamanan dari perusahaan, yaitu Red Team dan Blue Team. Apa sih tugas mereka?

  • Red Team memiliki kewajiban dalam mencari celah yang ada pada sistem perusahaan, dengan cara melakukan peretasan pada sistem tersebut, atau biasa disebut Penetration Testing. Tujuannya adalah mendapatkan informasi celah apa saja yang ada pada sistem perusahaan, sebelum Black Hat atau Gray Hat menemukannya. Sehingga perusahaan dapat melakukan Tindakan remediasi terhadap celah tersebut. Selain itu, Red Team memiliki tugas untuk mengetahui ancaman apa saja yang dapat terjadi pada perusahaan dengan melakukan Threat Hunting. Mereka akan mencari segala informasi mengenai ancaman bagi perusahaan, seperti kebocoran data perusahaan, serangan atau jenis malware yang menargetkan industri perusahaan dan lainnya. Sehingga hasil informasi tersebut dapat digunakan untuk meminimalisir segala kejadian yang tidak diinginkan di masa depan.

  • Blue Team adalah tim yang dibentuk khusus untuk melakukan pertahanan pada sistem perusahaan dari seluruh bentuk serangan dan ancaman cyber. Blue Team bertanggung jawab dalam membuat keamanan atau pertahanan sebuah sistem yang handal & reliabel. Sehingga dapat meminimalisir dampak dari insiden keamanan, dan lebih baik lagi mencegah insiden keamanan yang dapat dilakukan kapan saja oleh Red Team atau Black Hat.

Kedua tim ini diharuskan memiliki koordinasi yang baik dalam membentuk sebuah sistem keamanan perusahaan yang handal. Red Team tidak akan berjalan tanpa adanya Blue Team, begitu juga sebaliknya. Maka dari itu seluruh layanan dan solusi keamanan yang baik, seharusnya memiliki kedua tim tersebut dalam menjalankan sistemnya. Seperti Prima Cyber Solusi yang dapat memberikan layanan dan solusi dari Red Team dan Blue Team.


Dalam layanan dan solusi Red Team, Prima Cyber Solusi dapat memberikan layanan Threat Intelligence, dengan melakukan monitoring secara menyeluruh terhadap segala informasi dan ancaman yang ada sampai web terdalam seperti Deep Web dan Dark Web. Selain itu, Prima Cyber Solusi juga dapat memberikan layanan Pentesting terhadap sistem perusahaan, untuk mengetahui segala celah yang dapat menjadi titik lemah dalam sistem perusahaan.


Lalu, Prima Cyber Solusi dapat memberikan layanan dan solusi sebagai Blue Team dengan implementasi keamanan siber menggunakan Stellar Cyber sebagai tools yang digunakan untuk Security Operation Center. Stellar Cyber mempunyai fitur yang dapat membantu tim SOC dalam melakukan monitoring pada perusahaan. Dibantu oleh Artificial Intelligence/Machine Learning yang dapat meringankan pekerjaan Security Analyst dalam mensortir alarm palsu.


Itulah tiga tipe hacker yang ada di dunia. Melihat tipe tersebut, tentu saja kita perlu waspada terhadap Black Hat Hacker dan Grey Hat Hacker. Dikarenakan kedua tipe hacker tersebut memiliki tujuan untuk merugikan sebuah perusahaan/organisasi dan mendapatkan keuntungan pribadi. Maka dari itu, sebuah perusahaan/organisasi memerlukan layanan dan solusi yang diberikan oleh White Hat Hacker sebagai bentuk pencegahan, pendeteksian dini dan pemberian response terhadap ancaman mungkin terjadi pada sistem, data dan informasi milik perusahaan.


Apabila perusahaan Anda perlu untuk mengimplementasikan sebuah layanan dan solusi Cyber Security, Prima Cyber Solusi menyediakan solusi yang mencakup solusi end-to-end pada Cyber Security. Hubungi kami melalui email sales@primacs.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk, layanan dan solusi yang dapat kami berikan kepada perusahaan Anda.


Sources: