• PRIMO

Tentang Hacker: Tenik yang digunakan dan Cara Mengatasinya


Saat ini, dimana perkembangan teknologi sistem pada perusahaan merupakan sebuah hal yang mutlak untuk dilakukan, agar tidak tertinggal dalam persaingan pasar. Penggunaan mesin-mesin yang dapat membantu kinerja dari manusia, penggunaan social media dalam strategi dan kegiatan pemasaran, hingga pekerjaan yang dapat dilakukan dari jarak jauh adalah hal yang baru di era digital ini. Selain itu, munculnya perusahaan-perusahaan baru yang berfokus dalam pengembangan teknologi dengan pemenuhan kebutuhan dari masyarakat menjadi gambaran yang jelas, bahwa teknologi merupakan hal yang penting.

Hal ini membuat banyaknya perusahaan diharuskan untuk beradaptasi dengan penggunaan teknologi dalam sistem bisnisnya. Bukan hanya dalam hal produksi dan penjualan, tetapi juga dari sisi techical untuk dapat menunjang kinerja karyawan. Tetapi dengan cepatnya perkembangan teknologi, ada bahaya yang terus mengintai perusahaan yaitu hacker.


Hacker adalah seseorang ataupun sekelompok yang dapat melakukan sebuah peretasan pada sistem, jaringan ataupun perangkat sebuah perusahaan. Ada banyak tujuan yang ingin didapatkan dari kegiatan peretasan mulai dari keuntungan finansial, melakukan pelacakan hingga kepuasan pribadi semata.


Kegiatan yang dilakukan hacker untuk mendapatkan tujuannya adalah dengan membuat, memanipulasi hingga menghancurkan sebuah sistem perusahaan melalui berbagai macam teknik yang dapat digunakan. Adapun teknik-teknik dalam melakukan peretasan sebagai berikut;

  • DDos (Distributed Denial of Service), teknik ini digunakan oleh para hacker untuk membuat sebuah server menjadi overload. Sehingga server atau sistem tersebut tidak bisa bekerja seperti seharusnya. Apabila hal ini terjadi, akan menjadi sebuah kerugian yang besar bagi perusahaan. Dikarenakan pengguna tidak bisa mengakses server ataupun sistem tersebut. Sehingga membuat pekerjaan menjadi terhambat.

  • Malware, ini merupakan sistem yang di rancang oleh hacker agar dapat menyusup melalui sistem, file, aplikasi ataupun website yang ditargetkan. Dengan Malware ini, mereka dapat melakukan kegiatan pengintaian, pelacakan hingga mengambil data ataupun informasi rahasia dari sebuah perusahaan. Selain itu, fungsi dari Malware ini dapat menghancurkan sebuah data ataupun informasi dari perusahan.

  • SQL Injection, tenik ini merupakan teknik yang dilakukan untuk menyerang sebuah database server dengan tujuan untuk mencuri informasi, username dan password perusahaan. Teknik ini memanfaatkan celah keamanan perusahaan, sehigga dapat memasukan perintah SQL Injection kedalam server tersebut. Biasanya, cara ini digunakan oleh para hacker untuk mendapatkan sebuah database perusahaan dan dijual langsung kedalam Deep Web dan Dark Web.

  • Cross-Site Scripting (XSS), merupakan teknik hacking yang memanfaatkan lemahnya tingkat keamanan sebuah website. Tujuan dari teknik ini adalah untuk mendapatkan data pengunjung. Cara kerja dari XSS ini adalah dengan memasukan malicious javascript kedalam website yang ditargetkan, sehingga data pengunjung terduplikasi dan tercatat dalam sistem sang hacker.

Dari teknik-teknik hacking yang telah dijabarkan di atas, bukan tidak mungkin bahwa perusahaan Anda telah menjadi target operasi atau bahkan telah terindikasikan sebuah kejahatan dari hacker. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memperkuat keamanan sistem perusahaan tersebut, seperti berikut;

  1. Pertama adalah menguatkan sistem keamanan aplikasi, website ataupun sistem perusahaan dengan mengimplementasikan Security Operations Center (SOC). Solusi SOC dapat Prima Cyber Solusi berikan kepada perusahaan Anda untuk pemantauan dan memberikan insight lebih terhadap seluruh bentuk indikasi serangan siber. Solusi SOC yang Prima Cyber Solusi berikan kepada perusahaan Anda adalah Stellar Cyber. Dengan keunggulan utama yaitu dapat melalukan pemantauan dari segala bentuk indikasi Cyber Crime dan Cyber Attack selama 24 Jam NON-STOP. Stellar Cyber juga dilengkapi dengan Artificial Intelligence yang dapat membarui dan mempelajari segala bentuk indikasi hingga serangan terbaru. Sehingga, perusahaan Anda dapat memaksimalkan peran Cyber Security untuk meminimalisir segala kemungkinan kerugian yang akan terjadi di masa depan.

  2. Kedua adalah apabila data perusahaan telah terjadi indikasi Cyber Crime, maka perusahaan perlu mengetahui banyaknya data yang telah bocor dan tersebar melalui Threat Intelligence. Dengan mengimplementasikan Threat Intelligence, perusahaan dapat melakukan pencarian terhadap indikasi kebocoran data yang telah terjadi sebelumnya. Dan juga dapat melakukan monitoring secara langsung terhadap segala bentuk indikasi serangan baru. Prima Cyber Solusi dapat memberikan layanan Threat Intelligence dengan solusi unggulan yaitu DarkTracer. Dengan DarkTracer perusahaan dapat melakukan pemantauan data secara berkala yang ada di dalam Deep Web dan Dark Web. Sehingga perusahaan dapat mengambil tindakan atas segala bentuk kebocoran data perusahaan yang telah terjadi.

  3. Ketiga adalah menjadikan Prima Cyber Solusi sebagai partner bisnis dalam implementasi Cyber Security perusahaan Anda. Dikarenakan kami telah memiliki tim unggul yang telah berpengalaman dalam bidang keamanan data, informasi dan sistem perusahaan. Kami juga telah tersertifikasi ISO 27001 dalam Keamanan Sistem Informasi dan ISO 9001 dalam Manajemen Mutu, sehingga kami merupakan perusahaan unggulan yang dapat memberikan Anda layanan terbaik dan terpercaya. Segera hubungi kami melalui sales@primacs.co.id untuk mengetahui secara lebih lanjut penawaran layanan dan solusi yang dapat kami berikan kepada perusahaan Anda.

Sources:

46 views0 comments