273 Juta Data Penduduk Indonesia, BOCOR?!

Updated: Sep 28



Pada tanggal 20 Mei 2021, Nuice Media melaporkan bahwa telah terjadi penjualan data secara besar dalam forum hacker yaitu Raid Forums. Data yang dijual berupa data penduduk Indonesia yang mencakup Nama, Nomor Telfon, Alamat, NIK (Nomor Induk Keluarga), hingga gaji penduduk Indonesia! Hal ini menjadi perbincangan di dunia maya, dan bagaimana bisa data tersebut didapatkan.


Dikutip dari Peratama Persadha melalui CNN Indonesia (Kamis, 20 Mei 2021), menjelaskan bahwa klaim yang diberikan oleh hacker, data tersebut didapatkan dari data dukcapil dan BPJS Indonesia. Tetapi ia belum memastikan bahwa data tersebut merupakan data valid atau hanya berupa data palsu.


"Harusnya jumlah data user BPJS tidak sebanyak itu. Artinya bisa klaim pelaku berlebihan atau bohong, bila benar data BPJS," ujar Pratama.


Dengan adanya kasus ini, menjelaskan bahwa kurangnya edukasi tentang keamanan data di Indonesia. Terlebih melihat kebelakang, ada beberapa kasus serupa yang terjadi dalam perusahaan teknologi khususnya e-commerce. Kasus ini pula, membuat masyarakat Indonesia menjadi lebih peka terhadap keamanan data pribadi mereka.


Institusi, perusahaan ataupun bisnis owner juga diharapkan untuk lebih memberikan keamanan pada para customer mereka agar data yang mereka berikan kepada perusahaan akan tetap terjaga. Ini bersangkutan dengan kepercayaan customer atau masyarakat terhadap institusi dan perusahaan.


Hal tersebut pula yang membuat Prima Cyber Solusi, sebagai perusahaan yang bergerak dalam keamanan sistem, data dan informasi yang berbasis teknologi memberikan solusi agar tidak terulang kembali kasus dan masalah tersebut. Bukan hanya solusi yang dapat diberikan oleh kami, tetapi pelayanan maintenance dan training juga dapat kamu berikan untuk perusahaan dan institusi yang sudah bergerak menggunakan sistem teknologi dan digital.


Partner kami, yaitu NSHC Ltd. yang merupakan perusahaan Cyber Security berbasis di Singapore-Korea, memiliki beberapa solusi untuk membantu dalam mencegah, menjaga, menganalisa, dan berburu segala serangan/ancaman siber yang dapat menjadi masalah terhadap institusi dan perusahaan Anda.


Terus aware terhadap Cyber Crime ataupun Cyber Attack yang mungkin dapat menyerang bisnis Anda. Bersama Prima, Kami Siap Untuk Mengamankan Bisnis Kalian!

10 views0 comments

Recent Posts

See All