top of page

KnowBe4 SAT: Kunci Kesuksesan Menghadapi Ancaman Phishing di Lingkungan Bisnis

Keamanan siber telah menjadi landasan penting dalam mengelola bisnis di era digital saat ini. Ancaman phishing, dengan segala kompleksitasnya, merupakan salah satu risiko utama yang perlu diatasi. Dalam artikel ini, kami akan membahas peran KnowBe4 Security Awareness Training (SAT) sebagai kunci kesuksesan dalam menghadapi ancangan phishing di lingkungan bisnis serta alasan kenapa perusahaan anda wajib menggunakan KnowBe4 Security Awareness Training (SAT).

Kunci Kesuksesan Menghadapi Ancaman Phishing di Lingkungan Bisnis
Ancaman Phishing di Lingkungan Bisnis


Kesadaran Ancaman Phishing Bukan Hanya Tanggung Jawab Tim IT

Pada era digital seperti sekarang, kita semua sebagai SDM di suatu perusahaan wajib memiliki kesadaran untuk mengamankan aset perusahaan atau organisasi. Mengutip data dari Prima Cyber Solusi berdasarkan IDADX, pada Q1 terdapat 26.675 aksi phishing yang dilakukan oleh threat actor. KnowBe4 SAT merupakan solusi terbaik bagi perusahaan atau organisasi yang perlu meningkatkan kesadaran SDM dari ancaman phishing atau tindak kejahatan cyber lainnya.


Memahami Ancaman Phishing

Ancaman phishing bukan hanya sekadar email mencurigakan, terdapat beberapa jenis phishing yang perlu diketahui yaitu:

  1. Phsishing Konvensional Phishing konvensional adalah phishing yang paling umum dimana penyerang mengirimkan pesan email palsu dan target yang random dengan mengatasnamakan dari suatu perusahaan atau suatu lembaga yang terpercaya dengan tujuan ingin mengambil data atau informasi pribadi dari calon korban.

  2. Spear Phishing Jenis phishing selanjutnya adalah spear phishing dimana penyerang menyasar individu atau organisasi tertentu dengan informasi yang sangat disesuaikan untuk meningkatkan kemungkinan keberhasilan serangan.

  3. Whaling Whaling merupakan bentuk tindak kejahatan spear phishing yang menargetkan individu atau setingkat eksekutif dalam sebuah organisasi untuk memperoleh informasi lebih dalam atau kredensial akses yang lebih tinggi.

  4. Web Phishing Web phishing adalah tindak phishing dengan membuat alamat web palsu suatu perusahaan atau lembaga yang dibuat sedemikian rupa agar mirip dengan web resminya.

  5. Vishing (Voice Phishing) Penggunaan panggilan suara atau pesan suara untuk melakukan penipuan, seringkali dengan menyamar sebagai lembaga keuangan atau entitas terpercaya untuk mendapatkan informasi sensitif.

  6. Smishing (SMS Phishing) Penggunaan pesan teks atau SMS untuk melakukan penipuan, seringkali dengan mengandung tautan yang mengarah ke situs phishing atau menyuruh pengguna untuk memberikan informasi pribadi.

  7. Pharming Penyerang mencoba mengarahkan lalu lintas internet dari situs web sah ke situs palsu tanpa sepengetahuan pengguna, dengan tujuan mencuri informasi pengguna.

  8. Domain Spoofing Penyerang atau threat actor menggunakan nama domain palsu atau sangat mirip dengan domain resmi perusahaan atau lembaga untuk membuat situs web palsu atau mengirim email palsu.

  9. Ransomware Phishing Jenis serangan phishing di mana penyerang menggunakan email atau pesan palsu untuk menyebarkan perangkat lunak berbahaya yang mengenkripsi data dan meminta pembayaran tebusan atau tindak keputusan finansial yang korban tidak ketahui.

KnowBe4 SAT: Solusi Terbaik Perusahaan Untuk Pencegahan Phishing

KnowBe4 SAT bukan hanya sekedar pelatihan security awareness, melainkan investasi jangka panjang yang wajib dilakukan oleh perusahaan demi keamanan bisnis mereka dari tindak kejahatan yang tidak diinginkan. Dengan sistem pelatihan yang terbaik dan modul-modul yang terus diperbarui, KnowBe4 SAT memiliki keunggulan tersendiri unuk memberikan edukasi atau pelatihan kepada SDM perusahaan bisnis yang anda jalankan sehingga dapat menurunkan terjadinya risiko tindak kejahatan phishing pada lingkungan bisnis anda.

Data Menurunnya Tingkat Phishing Setelah Menggunakan KnowBe4 SAT
Data Penurunan Phishing Sebelum dan Setelah Training KnowBe4 SAT

Kesimpulan

Dalam menghadapi ancaman phishing di lingkungan bisnis, KnowBe4 Security Awareness Training (SAT) bukan hanya solusi, tetapi investasi cerdas. Kesadaran yang ditingkatkan melalui pelatihan yang efektif adalah pondasi utama untuk melindungi aset berharga bisnis anda dari serangan siber. Jika bisnis anda ingin mencapai keberlanjutan, kita perlu memiliki kesadaran keamanan yang kuat di seluruh organisasi. KnowBe4 Security Awareness Training (SAT) adalah kunci menuju keamanan yang berkelanjutan dan sukses dalam era digital seperti sekarang ini.







26 views0 comments

Comentários


bottom of page