Solusi keamanan data dan informasi perusahaan, selama WFH


Di Indonesia sedang terjadi pemberlakuan sistem untuk mencegah penularan Covid-19 yaitu PPKM. Sejak kasus Covid-19 datang ke Indonesia pada bulan Maret 2020, beberapa sektor perusahaan khususnya yang non-esensial diharuskan untuk melakukan pekerjaan dari rumah atau Work From Home. Dengan adanya perubahan ini, perusahaan diharuskan untuk beradaptasi secara cepat dan baik agar bisa tetap menjalankan sistem kinerja perusahaan sama seperti Work From Office. Adaptasi yang berusaha dilakukan adalah mulai dari penggunaan alat penunjang pekerjaan diubah melalui digital hingga melakukan komunikasi dilakukan secara daring. Dengan hal ini, harapan dari perusahaan dapat menciptakan sebuah sistem dan lingkungan yang sama seperti Work From Office.


Tetapi, sangat disayangkan bahwa terdapat beberapa bahaya yang mengintai dan merugikan bagi perusahaan dalam kegiatan Work From Home, yaitu pencurian data dan informasi rahasia. Dengan seluruh kegiatan berbasis online, perusahaan sangat sulit untuk melakukan monitoring terhadap seluruh karyawan mereka. Terlebih dalam sistem mengirim data ataupun informasi perusahaan. Hal tersebut menjadi sebuah celah yang dapat dieksploitasi, terlebih perusahaan tidak pernah tahu mengenai keamanan jaringan yang digunakan oleh para karyawannya.


Maka dari itu, perusahaan sangat penting untuk memfokuskan diri dalam mengamanan dokumen rahasia perusahaan selama kegiatan Work From Home. Apabila hal ini tidak dilakukan oleh perusahaan, akan ada banyak sekali kerugian yang akan ditanggung seperti:

  • Tersebarnya data dan informasi rahasia perusahaan

  • Rusaknya database perusahaan

  • Hilangnya kepercayaan konsumen dan stakeholders

  • Jatuhnya nama baik perusahaan dimata masyarakat

  • Kalahnya dalam persaingan pasar dengan perusahaan lain

Lalu apa solusi terbaik yang dapat diimplementasikan untuk kebutuhan tersebut?


Jawabannya adalah BlackBerry Workspace dengan fokus Digital Rights Management. Manfaat dari implementasi BlackBerry Workspace adalah memberikan keamanan lebih terhadap seluruh dokumen, data dan informasi rahasia. Dengan cara pencegahan pada jaringan yang tidak aman, pemberian kebijakan keamanan pada setiap dokumen, pelacakan dan pemantauan terhadap aktivitas kirim perusahaan hingga pemulihan terhadap seluruh dokumen yang rusak diakibatkan ransomware.


Pada tanggal 12 Agustus 2021 nanti, Prima Cyber Solusi bersama dengan Halodata Indonesia akan membuat Webinar yang akan membahas secara lebih detal mengenai BlackBerry Workspace dan apa saja yang dapat dilakukan untuk meproteksi perusahaan dari segala bentuk indikasi kejahatan siber. Hubungi sales@primacs.co.id untuk informasi lebih lanjut atau bisa langsung daftar melalui link berikut: https://bit.ly/DRMWebinarRegist

20 views0 comments