top of page

5 Fitur SOC as a Service Untuk Melindungi Bisnis dari Serangan Siber


SOC as a Service memiliki fitur yang dapat melindungi bisnismu dari serangan dan ancaman siber

Secara umum, bisnis termasuk bisnis yang menyimpan banyak "harta" berbentuk digital, seperti data berharga milik pelanggan dan sebagainya, memerlukan adanya tindakan preventif untuk melindungi bisnis dari banyaknya tindak kejahatan yang semakin masif, ancaman siber semakin berkembang dan dapat menimpa siapapun kapan saja dan dimana saja, tidak terkecuali dengan bisnis yang kamu jalankan. Oleh karenanya, pada konten artikel kali ini, kita sama-sama akan mengungkap bagaimana SOC as a Service dapat melindungi bisnis apapun dari serangan siber seperti hilangnya data sensitif.


5 Fitur Utama SOC as a Service

Fitur SOC as a Service yang kami sediakan, diantara lain adalah:

  1. Dukungan Out-of-Box dari 100+ Sumber Dat SOC as a Service mendukung berbagai sumber data, termasuk firewall, perangkat lunak antivirus, sistem operasi, dan aplikasi. Hal ini memungkinkan tim SOC untuk mengumpulkan data keamanan dari berbagai sumber dan mendapatkan visibilitas yang lebih baik tentang postur keamanan keseluruhan.

  2. Log Collector Appliance/Virtual SOC as a Service kami menyediakan appliance atau virtual machine yang dapat digunakan untuk mengumpulkan dan menyimpan log dari berbagai sumber data. Hal ini membantu tim SOC dalam menganalisis log dan mendeteksi aktivitas mencurigakan.

  3. Log Management SOC as a Service kami menyediakan solusi log management yang membantu tim SOC dalam mengelola dan menganalisis log dari berbagai sumber data. Solusi ini membantu tim SOC dalam mendeteksi anomali dan mengidentifikasi potensi ancaman siber.

  4. SIEM, SOAR, XDR SOC as a Service kami menyediakan solusi SIEM (Security Information and Event Management), SOAR (Security Orchestration, Automation, and Response), dan XDR (Extended Detection and Response). Solusi ini membantu tim SOC dalam mengotomatiskan respons terhadap insiden keamanan siber dan meningkatkan efisiensi operasi keamanan.

  5. Threat Intel Feeds SOC as a Service menyediakan akses ke threat intelligence feeds yang berisi informasi tentang ancaman siber terbaru. Hal ini membantu tim SOC dalam mendeteksi dan mencegah ancaman siber terbaru.

  6. Pemantauan Kepatuhan SOC as a Service dapat membantu bisnis dalam mematuhi berbagai peraturan keamanan siber, seperti PCI DSS, HIPAA, dan GDPR. Layanan ini menyediakan solusi pemantauan kepatuhan yang membantu tim SOC dalam mengidentifikasi dan mengatasi kesenjangan kepatuhan.

  7. Playbook/Runbook SOC as a Service menyediakan playbook dan runbook yang telah mapan untuk berbagai jenis insiden keamanan siber. Hal ini membantu tim SOC dalam merespon insiden keamanan siber secara cepat dan efektif.


Apa Saja Cyber Threat yang Dimonitor oleh SOC?

SOC as a Service (Security Operations Center as a Service) memonitor berbagai jenis cyber threats, termasuk:

1. Malware:

  • Virus: Program berbahaya yang dapat merusak file dan sistem.

  • Trojan horse: Program yang tampaknya aman, tetapi sebenarnya berbahaya.

  • Spyware: Program yang mencuri data pribadi Anda.

  • Ransomware: Program yang mengenkripsi data Anda dan meminta tebusan untuk membukanya.

2. Phishing:

Email, pesan teks, atau situs web palsu yang dirancang untuk menipu Anda agar memberikan informasi pribadi Anda.

3. Social engineering:

Taktik manipulasi yang digunakan untuk menipu Anda agar memberikan informasi pribadi atau melakukan tindakan yang berbahaya.

4. Denial-of-service (DoS) attacks:

Serangan yang membanjiri server dengan traffic, sehingga server tidak dapat melayani pengguna yang sah.

5. Zero-day attacks:

Serangan yang memanfaatkan kerentanan dalam perangkat lunak yang belum diketahui oleh vendor perangkat lunak.

6. Advanced persistent threats (APTs):

Serangan yang ditargetkan dan canggih yang dirancang untuk menyusup ke jaringan dan mencuri data sensitif.

7. Insider threats:

Ancaman yang berasal dari orang dalam organisasi yang memiliki akses ke jaringan dan data yang ada dalam bisnis, sehingga dapat meminimalisir penyebaran .


Selain jenis-jenis cyber threats yang disebutkan di atas, SOC as a Service juga dapat memonitor aktivitas mencurigakan Setiap aktivitas yang tidak biasa di jaringan atau sistem bisnismu. Kebocoran data kehilangan data sensitif yang tidak disengaja, kepatuhan terhadap peraturan sehingga dapat memastikan bahwa organisasi kamu mematuhi peraturan keamanan siber yang relevan.


Kesimpulan

Kesimpulannya, SOC as a Service adalah solusi keamanan siber yang komprehensif dan hemat biaya bagi bisnis yang ingin meningkatkan postur keamanan mereka. Hubungi Prima Cyber Solusi untuk mempelajari lebih lanjut tentang SOC as a Service atau hubungi melalui email di marketing@primacs.co.id dan bagaimana kami dapat membantu melindungi bisnis mu dari cyber threats.




Comentarios


bottom of page