top of page

5 Keunggulan MDM untuk Lindungi Perangkat Kantor

Updated: Feb 1

Semua bisnis pasti menggunakan ponsel, laptop, komputer, dan tablet. Namun, apakah perangkat, aplikasi, jaringan, hingga datanya aman?

Mobile Device Management (MDM) merupakan solusi yang sedang marak digunakan di tengah tren kerja remote dan Work From Home (WFH) dengan kebijakan Bring Your Own Device (BYOD). MDM menjadi solusi yang bermanfaat bagi perusahaan dengan skala kecil ataupun multinasinal untuk mengelola, memonitor, mengintegrasikan, hingga mendukung keamanan perangkat kerja karyawan.

Bukan tanpa alasan, bisnis perusahaan yang memberikan perangkat inventaris kepada karyawan mereka, seperti ponsel, laptop, atau tablet) tentu pernah mengalami kesulitan untuk mengatur dan memantau penggunaannya. Terlebih apabila terjadi kasus perangkat hilang dicuri yang semakin merepotkan perusahaan untuk mencari perangkat dan melindungi data konfidensial yang tersimpan hingga berpotensi menjadi senjata untuk melakukan serangan terhadap jaringan internal.


Kenal lebih dekat apa sebenarnya MDM dan sejauh mana manfaatnya untuk mendukung perkembangan bisnis Anda:


Apa itu MDM?


MDM adalah tools berupa software yang memungkinkan administrator IT untuk memonitor, mengontrol, hingga memberikan proteksi terhadap keamanan perangkat, aplikasi, jaringan, dan data.


Dengan mengutamakan aspek keamanan data dan informasi, MDM dapat membantu bisnis mengelola perangkat yang kompleks. Ini memungkinkan mereka untuk mengelola jaringan, serta software dan hardware dari platform.


Dengan fungsi utama sebagai lapisan keamanan tambahan dan memastikan aktivitas pada suatu perangkat tetap terpantau. Beberapa fitur MDM antara lain Secure Browser, Kiosk Lockdown, Konfigurasi Jarak Jauh, Whitelist/Blacklist App, App Management, Remote View, Keamanan Multi-level, Geofencing Tracking, dan beberapa fitur lainnya. Perusahaan tidak merasa khawatir terhadap kemungkinan kerentanan terhadap perangkat dan data perusahaan yang tersimpan pada perangkat mobile tertentu.


Mengapa Harus Menggunakan MDM?

Perusahaan yang menggunakan MDM dapat lebih mudah mengatur dan menyesuaikan kebutuhan kerja terhadap perangkat inventaris. Selain itu, perusahaan dapat melakukan pengelolaan dan monitoring seara bersamaan sehingga perangkat inventaris dapat digunakan sesuai tujuan dan penggunannya.


Secure Browser dapat membantu mengatasi permasalahan akses internet yang aman pada perangkat karyawan. Dengan fitur ini, perusahaan dapat memastikan bahwa akses internet pada perangkat karyawan terjamin keamanannya dan terlindungi dari potensi risiko keamanan saat browsing.


MDM yang dilengkapi dengan Geofencing Tracking mampu memberikan batasan tertentu secara otomatis untuk tujuan perlindungan dan keamanan. Perusahaan dapat melacak dan menemukan lokasi dari perangkat mereka.



Apa saja Keunggulan MDM?



Hexnode MDM adalah solusi terbaik untuk meningkatkan produktivitas organisasi
5 Keunggulan Hexnode MDM

 

Neo Esensial Teknologi menghadirkan solusi MDM bernama Hexnode untuk membantu perusahaan memastikan produktivitas karyawan di lapangan.

Berikut lima keunggulan penerapan Hexnode MDM untuk menjamin data yang tersimpan aman dan memastikan pengguna dapat mengakses informasi ketika dibutuhkan.

  1. Kelola perangkat secara remote tanpa memerlukan intervensi pengguni dan tidak memengaruhi produktivitas.

  2. Menghemat anggaran dan waktu dengan mengotomatiskan tugas berulang, seperti konfigurasi setting WiFi di perangkat.

  3. Tingkatkan keamanan dengan melindungi data konfidensial perusahaan di perangkat cegah agar tidak di-share atau disimpan oleh third party.

  4. Otomatisasi responsif terhadap perubahan dan deteksi dini masalah.

  5. Tingkatkan produktivitas, seperti memblokir aplikasi non-bisnis selama jam kerja untuk memastikan karyawan lebih fokus pada kinerja.

Penerapan Hexnode MDM di Berbagai Industri

  1. Aviasi dan Bandara  Kiosk lockdown untuk monitor informasi pengunjung, remote access untuk pemeliharaan jarak jauh, pembatasan aplikasi untuk keamanan, dan manajemen perangkat untuk konsistensi operasional.

  2. Distribusi Migrasi Data yang aman antar perangkat, pembatasan aplikasi untuk produktivitas, manajemen perangkat untuk pelacakan inventaris, serta keamanan dengan kontrol akses dan whitelist/blacklist aplikasi.

  3. Multifinance Keamanan Perangkat dengan kontrol akses, browser aman untuk transaksi online, manajemen perangkat untuk melacak perangkat yang diberikan kepada pelanggan, dan pembatasan aplikasi untuk kepatuhan peraturan.

  4. Korporat Manajemen Perangkat untuk kebijakan BYOD, security untuk melindungi data bisnis, geofencing untuk kehadiran karyawan, dan kontrol aplikasi untuk meningkatkan produktivitas.

  5. Retail & Restoran Kiosk lockdown untuk pemesanan mandiri, manajemen perangkat untuk stok dan inventaris, pembatasan aplikasi untuk keamanan, dan kebijakan keamanan untuk melindungi transaksi pembayaran.



Penggunaan MDM untuk self service Kiosk pada restoran cepat saji
Penggunaan Self Service Kiosk pada Restoran Cepat Saji

  1. Universitas dan Perguruan Tinggi Migrasi data antar perangkat mahasiswa, kontrol aplikasi untuk meningkatkan fokus belajar, manajemen perangkat untuk keamanan kampus, dan kebijakan keamanan untuk melindungi informasi pribadi.

  2. Teknologi Remote access untuk pemeliharaan jarak jauh, kebijakan keamanan untuk melindungi kode sumber, manajemen perangkat untuk kontrol pengembangan, dan whitelist/blacklist aplikasi untuk lingkungan pengembangan yang aman.

  3. Manufaktur Keamanan perangkat dengan kontrol akses, pembatasan aplikasi untuk lingkungan produksi yang aman, manajemen perangkat untuk pelacakan aset, dan geofencing untuk keamanan area produksi.

  4. Pemerintahan Kiosk lockdown untuk pelayanan masyarakat, manajemen perangkat untuk pengelolaan aset pemerintah, pembatasan aplikasi untuk keamanan, dan kebijakan keamanan untuk melindungi data pribadi warga.

Dapatkan Solusi Mobile Device Management

Pantau dan kelola penggunaan inventaris perusahaan Anda dengan menerapkan solusi Mobile Device Management. Neo Esensial Teknologi akan bantu agar bisnis Anda dapat memonitor dan memproteksi perangkat inventaris perusahaan mulai dari tahap konsultasi, implementasi, hingga maintenance. Hubungi kami di marketing@neoesensial.co.id
















 

17 views0 comments

Comments


bottom of page