Apa itu Malware? Pengaruhnya Terhadap Bisnis

Updated: Sep 28



Tahukah anda, bahwa virus komputer merupakan bagian dari Malware? Dan tidak semua Malware bisa disebut sebagai virus. Lalu pertanyaannya adalah, apa itu Malware? Sebelum menjawab hal tersebut, kita akan membahas mengenai komputer itu sendiri. Jadi, komputer merupakan perangkat dengan serangkaian system pintar yang dapat melakukan kebutuhan sesuai dengan perintah operator.


Pada dasarnya system tersebut akan bekerja dengan maksimal dan cepat apabila tidak ada hambatan ketika pengoperasian. Tetapi sering kali, system tersebut menjadi lamban dan bahkan tidak bisa melakukan respon perintah yang dilakukan oleh operator. Inilah yang dapat menimbulkan masalah besar. Bukan hanya karena pekerjaan menjadi terhenti, tetapi dapat juga menjadi celah bagi para hacker.


Dengan celah tersebut, hacker dapat memberikan Malware terhadap komputer. Lalu, apa itu Malware? Malware adalah perangkat lunak (software) yang diciptakan oleh hacker untuk mendapatkan tujuan tertentu. Software ini dapat melakukan pekerjaan seperti memperlambat kinerja system komputer, merusak system hingga mengambil data yang terdapat di dalam komputer tersebut.


Melihat fungsi dan tugas dari Malware sendiri, tentu saja ini merupakan suatu yang sangat berbahaya untuk komputer. Tetapi, bukan hanya komputer yang dapat menjadi sasaran Malware. Sebuah system mesin juga dapat dijangkiti oleh Malware. Contohnya adalah pada tahun 2010 fasilitas nuklir Iran dapat dilumpuhkan dengan penggunaan Stuxnet yang merupakan jenis Malware yaitu Worm. Tugas dari Stuxnet ini dapat melakukan sabotase dan spionase.


Dari kasus tersebut, bisa kita lihat bagaimana kekuatan dari sebuah system perangkat lunak yang telah dibuat untuk mendapatkan tujuan tertentu. Dengan kasus ini pula, tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan dan bisnis yang kita sedang jalankan, menjadi sasaran utama para hacker. Terlebih, jenis Malware itu sendiri memiliki klasifikasi dan tugas yang berbeda. Sehingga sulit untuk dilakukan tracking terhadap hal tersebut.


Dibutuhkannya tim khusus untuk dapat melakukan tugas pencegahan, penganalisaan dan perlawanan terhadap Malware yang ditunjukan kepada system perusahaan ataupun bisnis kita. Tetapi, sangat disayangkan bahwa investasi untuk pembentukan tim khusus ini menjadi persoalan tersendiri. Dikarenakan besarnya biaya untuk melakukan pembayaran seseorang ahli, tim, perangkat dan system.


Melihat kebutuhan akan keamanan system yang tinggi, Prima Cyber Solusi sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang Cyber Security dapat memberikan kebutuhan tersebut. Dengan kata lain, investasi yang dikeluarkan untuk pembentukan sebuah tim dan mengambil anggaran besar. Akan teralihkan dengan pengeluaran anggaran yang lebih kecil dan juga efektif dengan melakukan kerjasama dengan kami.


Mengapa harus Prima Cyber Solusi sebagai partner keamanan system perusahaan dan bisnis anda? Kami telah memiliki sertifikasi ISO 27001 mengenai Keamanan Informasi dan 9001 mengenai Manajemen Mutu. Dengan sertifikasi tersebut, kami dapat menjamin bahwa SDM yang kami miliki telah mendapatkan standarisasi khusus dalam Cyber Security. Selain itu juga, kami bekerja sama dengan perusahaan Korea yaitu NSHC Ltd. dan PT. Informasi Netta Markindo sebagai partner untuk dapat memberikan keamanan serta kebutuhan akan keamanan system dan system informasi lainnya.


Hubungi kami melalui sales@primacs.co.id untuk menanyakan Solusi dan service yang dapat kami berikan untuk perusahaan anda. Ikut juga social media kami @primacs_id untuk terus tau perkembangan mengenai keamanan system dan dunia siber.


"We Are Prima, We Are Ready To Secure Your Business!"

5 views0 comments

Recent Posts

See All