Apa Itu Web Defacement?

Updated: Jul 8

Di Indonesia, sebesar 73,7% masyarakatnya telah menggunakan internet sebagai sarana untuk mendapatkan informasi, hal tersebut terlampir dalam artikel yang di publish oleh Kompas.com. Oleh sebab itu, tingkat kejahatan internet di Indonesia juga semakin meningkat, khususnya kejahatan internet yang menyerang situs (website) & aplikasi mobile. Entah dikarenakan kurangnya edukasi ataupun keteledoran dari pengguna ataupun pemilik situs & aplikasi tersebut. Data dari BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara), menyatakan bahwa pada bulan Maret 2020 tercatat ada 69 situs yang menjadi target serangan “Web Defacement”.


Apa itu Web Defacement? Ini merupakan ulah dari sekelompok hacker yang melakukan perubahan tampilan pada sebuah situs atau halaman situs yang di tuju. Hal ini beberapa kali terjadi pada situs resmi pemerintahan seperti DPR dan DPRD.


Kasus Web Defactement yang terjadi pada situs DPR adalah pengubahan nama/teks di dalam situs tersebut. Dimana, seharusnya DPR adalah kepanjangan dari Dewan Perwakilan Rakyat, diubah menjadi Dewan Pengkhianat Rakyat. Hal ini terungkap dari akun twitter @melantikaaa__ yang memberikan sebuah video bahwa situs resmi DPR telah diubah.




Lalu, situs resmi DPRD kota Parepare Sulawesi Selatan juga diserang oleh hacker dengan cara yang sama yaitu Web Defacement. Kasus ini terjadi pada tahun 2020, dimana dua orang hacker yang mengatas namakan Juna dan Lutfie04, mengganti tampilan situs DPRD Parepare menjadi “The Real Impostor” dengan tambahan beberapa pesan yang menyindir pemerintah tersebut.




Berdasarkan data dan dua kasus tersebut, dapat disimpulkan bahwa beberapa situs milik pemerintah Indonesia masih belum mempunyai kemanan yang cukup untuk menanggulangi serangan hacker. Hal ini membuat pengguna maupun pemilik situs tersebut, memiliki kerentanan yang sangat tinggi dari kejahatan dan serangan siber. Maka dari itu, penting sekali untuk melakukan keamanan bagi diri sendiri sebagai pengguna dan keamanan untuk situs yang dimiliki oleh perusahaan.


Apabila ditelaah lagi, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh kita sebagai pengguna maupun pemilik dari sebuah situs. Tetapi hal tersebut tidak bisa disatukan, dikarenakan implementasi keamanan untuk individu berbeda dengan pemilik situs. Kali ini, kami akan memberikan beberapa cara untuk dapat melakukan keamanan tersebut, sebagai berikut;


Pengguna:

  • Selalu melakukan verifikasi/pengecekan ulang pada setiap akun yang terkoneksi di dalam PC, Laptop ataupun Handphone

  • Selalu mengganti password akun yang dimiliki secara berkala

  • Selalu melakukan browsing dengan menggunakan fitur “incognito”

  • Selalu waspada terhadap situs-situs yang mencurigakan beserta iklan yang muncul pada layer


Dan terakhir adalah selalu mengaktifkan dan menggunakan Antivirus di dalam PC, Laptop ataupun Handphone. Antivirus ini menjadi penting untuk digunakan pada perangkat yang kita miliki. Karena sesuai namanya, Antivirus dapat melindungi PC, Laptop atau Handphone milik kita dari ancaman Virus ataupun Malware. Seperti solusi BlackBerry Protect yang termasuk dalam kategori Next Generation Antivirus, dimana fitur unggulannya adalah menggunakan AI/Machine Learning dalam mendeteksi sebuah Virus atau Malware. Hal tersebut sangat membantu untuk selalu waspada terhadap segala jenis Virus & Malware.


Pemilik situs:


Bagi pemilik situs, keamanan situs milik perusahaan maupun pribadi merupakan hal yang paling penting untuk dijaga. Tidak menutup kemungkinan, pada beberapa organisasi, hal ini menjadi sangat kompleks untuk dilakukan. Tetapi dengan memiliki keamanan yang sangat efektif pada situs yang dimiliki, hal ini dapat menaikan tingkat kepercayaan publik dan stakeholders terhadap perusahaan ataupun pribadi. Dari permasalahan tersebut, solusi yang bisa dilakukan adalah menerapkan solusi Cyber Security untuk melindungi situs yang dimiliki. Selain penerapannya, pemilihan partner juga penting untuk dilakukan. Dikarenakan hal ini menyangkut kepercayaan dan integritas kepada partner yang dipilih.


Oleh sebab itu, Prima Cyber Solusi hadir untuk menyediakan layanan & solusi Cyber Security yang memang “best of breed” pada bidangnya. Kami mempunyai visi untuk membantu customer kami dalam menjaga keamanan data & informasi yang mereka miliki, agar selalu terjaga Kerahasiaannya (Confidentiality), Keasliannya (Integrity) dan juga Ketersediaannya (Availability). Tidak hanya itu, semangat Prima Cyber Solusi dalam membantu customer tidak hanya menyediakan solusi ataupun layanan saja, tapi Prima Cyber Solusi juga melakukan “knowledge transfer” & “capability transfer” kepada semua customer kami. Karena kami percaya, Teknologi tanpa Manusia yang handal, tidak dapat menghasilkan output yang diharapkan.


Solusi & layanan yang kami tawarkan adalah Security Operation Center (layanan monitoring cyber security), Threat Intelligence yang dapat membantu perusahaan dalam mendeteksi ancaman yang ditargetkan pada asset perusahaan, dan ICS/OT Security yang membantu mengamankan perusahaan industry 4.0 untuk ICS/OT infrastrukturnya. Selain itu, kami memiliki beberapa solusi lainnya yang dapat Anda lihat selengkapnya pada www.primacs.co.id , jangan lupa mengikuti social media kami untuk mengetahui informasi terbaru mengenai dunia Cyber Security dan teknologi lainnya.


Sources:

Recent Posts

See All