“Apa Itu Phishing dan Apa Ciri-cirinya?”

Updated: Sep 28



Apakah kalian tahu, bahwa ada peretasan data dan informasi pribadi dengan cara berpura-pura menjadi sebuah organisasi atau pemerintahan melalui email? Iyap, hal tersebut masuk kedalam kategori Cyber Crime yaitu Phising.


Aktivitas Phising ini merupakan tindakan yang dilakukan secara sengaja untuk mendapatkan informasi seperti username, password dan data pribadi lainnya dengan cara menyamar menjadi organisasi yang berwenang melalui sebuah email. Cara ini adalah “pancingan” yang dilakukan oleh si hacker untuk mendapatkan data tujuannya.

Lalu, apa indikasi yang bisa dikategorikan sebagai email phising?

  1. Mengarahkan kalian untuk melakukan verifikasi akun melalui email. Ini berindikasi sebagai salah satu cara Phising, dikarenakan situs yang sah tidak akan pernah meminta kalian melakukan verifikasi secara langsung dengan memberikan password dan informasi lainnya melalui email

  2. Terdapat pesan mengancam seperti “If You’re Not Send The Password, Your Account Will Be Disable In 24 Hours”. Dengan adanya pesan ini, maka secara tidak langsung membuat kalian tidak akan berfikir dua kali untuk memberikan data tersebut

  3. Tidak terdapatnya pesan yang personal, dikarenakan keseluruhan email Phishing biasanya dikirim secara massal dan tidak personal. Sehingga ini dapat terdeteksi dengan melihat apakah nama lengkap kalian tercantum atau tidak dalam email tersebut

Dengan hal ini, kalian diharuskan untuk lebih berhati-hati untuk memberikan informasi khususnya data pribadi kalian melaui email yang tidak resmi. Menurut data yang diberikan oleh KnowBe4, Email yang menyamar dari LinkedIn menjadi kejadian paling sering terjadi. Lalu, kata-kata yang sering dipakai menurut data tersebut adalah “IT REMINDER: Your Password Expires in Less Than 24 Hours”.

Dari kasus-kasus Cyber Crime, memang kejadian Phishing menjadi kejadian yang paling sering terjadi saat ini. Dikarenakan kurangnya pengetahuan terhadap keamanan digital dan data pribadi secara digital, ini menyebabkan kejahatan siber terus meningkat setiap tahunnya. Dengan maraknya kasus tersebut dan melihat akan kerugian yang akan ditimbulkan pada bisnis kalian.

Maka dari itu kalian harus lebih berhati-hati lagi terhadap serangan siber yang terus menerus dipebaharui. Ikut terus social media kami di @primacs.id untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai technologi & informasi khususnya Cyber Security. Sources:


8 views0 comments