top of page

Statistik Cyber Attack di Indonesia Meningkat: Pertumbuhan Serangan dan Perlindungan Melalui EDR

Dalam menghadapi lonjakan serangan siber di tahun 2023, dengan total serangan mencapai 361 juta, keamanan Endpoint Detection and Response (EDR) menjadi poin kunci untuk menjaga integritas dan kerahasiaan data. Berdasarkan data dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Indonesia, penting untuk mengidentifikasi serangan yang umumnya bersumber dari endpoint dan menerapkan langkah-langkah preventif dengan menggunakan solusi Endpoint Detection and Response (EDR).


Endpoint Security Illustration
Ilustrasi Endpoint Security - EDR

Dengan serangan malware mencapai 42.79%, trojan 35.40%, dan information leakage sebesar 9.35%, keamanan EDR menjadi barisan pertahanan utama mengingat endpoint seringkali menjadi titik masuk utama bagi serangan-sengan jenis ini.

Peran Penting EDR

Endpoint security memiliki peran sangat berharga untuk melindungi aset perusahaan atau organisasi kamu. Berikut dua alasan mengapa endpoint security merupakan solusi yang organisasi atau perusahaan kamu:

  • Proteksi di Pintu Masuk EDR muncul sebagai benteng pertahanan utama, mencegah malware dan trojan merambah ke dalam jaringan melalui endpoint.

  • Deteksi Dini Ancaman Keunggulan EDR terletak pada kemampuannya mendeteksi ancaman yang belum dikenal sebelum mencapai tingkat keparahan yang signifikan.

Langkah Preventif Melalui Solusi EDR

  1. Proteksi Real-Time Solusi EDR memiliki proteksi real-time terhadap serangan siber. Fitur ini memastikan respons yang cepat terhadap ancaman yang kian berkembang.

  2. Pemantauan Aktivitas Endpoint Dengan menerapkan EDR, kamu dapat memantau endpoint dengan intensif terhadap aktivitas di setiap perangkat endpoint. Kemampuan ini memungkinkan deteksi pola yang mencurigakan dan respons cepat terhadap serangan sehingga meminimalisir terjadinya serangan siber yang tidak diinginkan.

  3. Automatic-Update Pastikan solusi EDR selalu diperbarui secara otomatis. Jadwal pembaruan otomatis dapat diaktifkan pada semua perangkat endpoint untuk menghindari kerentanan yang dapat dieksploitasi.

  4. Enkripsi Endpoint Terapkan enkripsi pada data di tingkat endpoint untuk melindungi data sensitif dari risiko information leakage.

Kesimpulan

Endpoint Detection and Response (EDR) bukan hanya alat pelindung, tetapi pusat komando strategis dalam melawan serangan siber. Dengan solusi EDR yang canggih dan langkah-langkah preventif yang terintegrasi, organisasi dapat membangun perisai yang kokoh untuk menghadapi ancaman siber masa kini dan mendatang. Pada akhirnya, keberlanjutan operasional dan keamanan informasi dapat dijaga secara efektif. Prima Cyber Solusi dengan berbagai solusi yang dimiliki, EDR merupkan solusi terbaik yang kami miliki. Dengan solusi Endpoint Detection and Response (EDR) yang selalu dapat diandalkan untuk menjaga endpoint organisasi maupun perusahaan.


Kommentare


bottom of page