Virus Joker Kembali Bangkit?



Joker kembali bangkit, bukan joker dalam buku komik Batman. Tetapi, virus Joker yang kembali menginfeksi 8 aplikasi Google Play Store. Dengan bangkitnya virus ini, membuat para pengguna Android perlu berhati-hati atas keamanan datanya.


Dikutip dari entrepreneur.com, virus ini pertama kali ditemukan pada tahun 2017 di 1,700 aplikasi Google Play Store. Virus ini dapat mencuri rekening bank dengan cara melakukan pembayaran secara otomatis tanpa adanya persetujuan penggunanya.


Kepolisian Belgia menemukan virus ini, kembali menjangkit pada September 2020 dengan 24 aplikasi Android pada awalnya. Dari 24 aplikasi tersebut, terdapat 500 ribu orang yang telah mendownload aplikasi tersebut. Aplikasi ini tersebar lebih dari 30 negara termasuk Amerika Serikat, Brazil dan Spanyol.


Dengan virus ini, hacker diestimasikan telah mendapatkan keuntungan lebih dari 7 ribu mata uang Mexico (peso) per-orang. Untuk sampai saat ini terdapat 8 aplikasi yang telah diberhentikan oleh Google Play Store penjualannya, yaitu:


  • Auxiliary Message

  • Element Scanner

  • Fast Magic SMS

  • Free CamScanner

  • Go Messages

  • Super Message

  • Super SMS

  • Travel Wallpapers


Lalu jenis apa virus Joker ini? Joker merupakan jenis malware Trojan yang diketahui bernama Bread. Dengan hal ini, Joker dapat meretas tagihan para pengguna tanpa adanya konfirmasi. Selain itu, virus ini dapat melakukan texting pesan, mengakses kontak dan mendapatkan data informasi lainnya pada smarthphone.


Dikutip dari asumsi.co dalam pembicaraannya kepada Sekertaris Indonesia Cyber Security Forum (ICSF), Satriyo Wibowo, menjelaskan bahwa virus ini sangat sulit untuk di deteksi secara umum, dikarenakan ini telah menempel pada smartphone dengan sistem operasi Android.


“Dia secara umum memang agak sulit diketahuinya, diam-diam dia memang langsung membobol tagihan kita karena meretasnya itu melalui akun Google Pay kita biasanya. Jadi, Google Pay biasanya terkoneksi dengan kartu kredit atau data kartu SIM seluler kita. Sampai tiba-tiba dia memasukkan tagihan tiba-tiba yang enggak pernah kita subscribe sebelumnya," jelas Satriyo pada Kamis, 26 Agustus 2021.


Dengan bangkitnya virus Joker ini, kembali diperlukannya untuk meningkatkan keamanan data pribadi. Sebagai orang awam memang sangat sulit untuk mengetahui virus yang terjangkit pada sebuah aplikasi ataupun situs. Maka dari itu perlunya mengetahui segala bentuk informasi mengenai keamanan data dan update terbaru mengenai kejahatan siber.


Prima Cyber Solusi merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang keamanan siber atau Cyber Security untuk dapat memberikan proteksi lebih pada system perusahaan ataupun aplikasi perusahaan agar tidak adanya kerugian yang didapatkan atas kebocoran data. Kami dapat memberikan layanan PENTESTING yang dapat menemukan celah pada aplikasi perusahaan.


Apa itu PENTESTING? PENTESTING adalah pengujian keamanan informasi dimana kami sebagai seorang penguji akan melakukan serangan terhadap aplikasi perusahaan untuk mengidentifikasi celah dari keamanan sistem, aplikasi ataupun jaringan. Pentesting ini dilakukan bersamaan dengan Vulnerability Assessment (VA) yang merupakan proses menemukan celah kerentanan aplikasi, sistem ataupun jaringan.


Manfaat dari dilakukannya PENTESTING selain menemukan celah keamanan dari sebuah sistem adalah menentukan seberapa baik keamanan dari sistem, aplikasi ataupun jaringan tersebut. Sehingga dapat membentuk sistem penanggulangan sejak dini untuk meminimalisir segala kerugian.


Metode yang dilakukan pada PENTESTING ini ada 4 yaitu Planning, Discovery, Attack dan Reporting. Dimana kami akan melakukan perencanaan pengujian terhadap sistem perusahaan Anda, lalu mencari seluruh informasi dengan analisa mendalam mengenai kerentanan. Selanjutnya kami akan melakukan serangan secara langsung untuk mengetahui kelemahan sistem tersebut dan terakhir adalah kami akan memberikan seluruh hasil dari pengujian yang telah dilakukan secara berkala sebagai bahan untuk perencanaan penangulangan.


Hubungi kami melalui sales@primacs.co.id untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan PENTESTING yang dapat kami berikan kepada perusahaan Anda dan juga solusi-solusi lainnya dalam keamanan siber. Ikuti juga seluruh social media kami untuk mengetahui informasi secara berkala mengenai keamanan siber.


Sources:


5 views0 comments

Recent Posts

See All