top of page

Apa Itu Security Awareness Training dan Manfaatnya


Ilustrasi Security Awareness Training

Apa itu Security Awareness Training?

Security Awareness Training adalah suatu bentuk pembelajaran atau pelatihan yang bertujuan untuk membekali karyawan untuk melindungi diri mereka dan aset pada organisasi dari serangan siber yang dapat membahayakan aset yang dimiliki perusahaan.


Seperti namanya, Security Awareness Training dapat meningkatkan awareness atau kesadaran untuk mencegah dan mengurangi human risk. Security awareness training yang efektif mengajarkan bagaimana cara mengidentifikasi serangan siber baik itu di email maupun penelusuran web.


4 Tahap Kompetensi Security Awareness


  1. Tahap Pertama - Kurangnya Kesadaran Ketidakmampuan yang tidak mereka sadari atau "saya tidak tahu bahwa saya tidak tahu sesuatu." merupakan tahap terendah pada kompetensi security awareness. Tahap ini sangat berbahaya karena sangat rentan untuk terserang serangan siber. Mereka tidak sadar bahwa dirinya menjadi sasaran empuk bagi threat actor. Biasanya, mereka cenderung akan sembarangan dalam membuka email phishing atau link berbahaya lainnya.

  2. Tahap Kedua - Ketidakmampuan yang Disadari Ketidakmampuan yang disadari atau "saya tahu bahwa saya tidak tahu." Pada tahap ini, mereka paham bahwa mereka tidak memiliki semua pengetahuan dan alat yang mereka butuhkan untuk meningkatkan security awareness mereka.

  3. Tahap Ketiga - Kemampuan yang Disadari Kemampuan sadar atau "saya tahu sesuatu, tetapi saya harus memikirkannya saat melakukannya." Mereka perlu mengakses informasi yang tersimpan, sehingga masih perlu untuk terus dibimbing atau diawasi.

  4. Tahap Keempat - Kompeten Kompetensi yang sudah memahami dan aware akan serangan yang muncul, "Saya mengetahui sesuatu sangat baik dan saya tidak perlu memikirkannya." Tahap ini merupakan puncak tertinggi dari pemahaman security awareness.

Bahayanya adalah program yang tradisional atau kuno gagal karena membiarkan karyawannya berada di tahap 1 dan 2 sehingga sudah seharusnya perusahaan atau organisasi membekali karyawannya dengan security awareness training.


Manfaat Security Awareness Training

Manfaat yang dapat diterima oleh perusahaan atas security awareness training diantaranya adalah:

  1. Menanggulangi Serangan Siber Mengutip data dari dataindonesia.id telah terjadi sebanyak 370.02 juta kali serangan siber sepanjang tahun 2022. Hal ini menandakan masih rentannya Indonesia dari serangan siber. Dengan security awareness training, perusahaan dapat membantu menanggulangi serangan siber.

  2. Menjaga Aset Digital Perusahaan Aset digital yang dimiliki oleh perushaan merupakan harta berharga yang perlu dijaga keberadaannya. Dengan security awareness training, berarti perusahaan telah selangkah didepan untuk mengamankan aset perusahan.

  3. Meningkatkan Produktivitas Karyawan Security awareness membantu karyawan untuk memahami gangguan-gangguan yang menyerang karyawan, seperti spear phishing, malware, dan lain sebagainya. Dampaknya, produktivitas karyawan meningkat karena waktu karyawan tidak terbuang dengan memikirkan hal yang tidak perlu.

Kesimpulan

Security awareness training merupakan program yang dapat membantu perusahaan dari serangan siber yang semakin marak. KnowBe4 Security Awareness Training merupakan solusi tepat yang membantu perusahaan mencegahnya!. Hubungi kami di marketing@primacs.co.id atau kunjungi landing page kami dengan klik tombol dibawah ya PrimoCS!



Comentarios


bottom of page