top of page

Bahaya Ancaman Siber! Berikut 6 Alasan Pentingnya Endpoint Security dalam Bisnis

Updated: Feb 15


Endpoint security adalah ujung tombak pengamanan untuk mempertahankan endpoint dari serangan siber
Ilustrasi Endpoint Security

Transformasi digital telah membawa manfaat besar bagi bisnis masa kini, tetapi juga membuka pintu bagi serangan siber yang semakin canggih. Seiring dengan kemajuan teknologi dan mobilitas, perangkat endpoint menjadi semakin rentan terhadap ancaman siber yang lebih kompleks dan canggih. Dalam menghadapi ancaman ini, peran Next-Generation Antivirus (NGAV) dan Endpoint Detection and Response (EDR) menjadi semakin penting.


NGAV dan EDR adalah dua teknologi keamanan endpoint yang saling melengkapi dan memberikan perlindungan tingkat tinggi untuk perangkat endpoint yang semakin kompleks dan terhubung. NGAV memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan mencegah serangan yang belum pernah terdeteksi sebelumnya dengan menggunakan pendekatan berbasis perilaku (behavior) dan kecerdasan buatan (AI). Sementara, EDR memberikan visibilitas penuh atas aktivitas endpoint, termasuk aplikasi yang berjalan, perubahan konfigurasi, dan upaya akses yang mencurigakan.


Endpoint security pada keamanan siber berperan sangat penting untuk menjaga perangkat
Endpoint Security

Kombinasi NGAV dan EDR ini memberikan lapisan pertahanan yang kuat untuk menghadapi serangan siber dari berbagai arah. Berikut ini adalah enam alasan mengapa NGAV dan EDR sangat penting dalam transformasi digital:


1. Mendeteksi dan Mencegah Serangan Baru

NGAV menggunakan pendekatan berbasis perilaku dan kecerdasan buatan untuk mengenali pola serangan baru yang belum pernah terdeteksi sebelumnya. Dengan kemampuan ini, NGAV dapat membantu organisasi dalam mencegah serangan siber bahkan sebelum malware dikenali.


2. Respons Cepat terhadap Serangan

Endpoint Security EDR memungkinkan tim keamanan untuk melihat aktivitas jaringan secara real-time, mendeteksi ancaman yang mencurigakan, dan merespons dengan cepat untuk membatasi pergerakan lateral dan memblokir serangan.


3. Visibilitas Penuh atas Aktivitas Endpoint

Kombinasi NGAV dan EDR memberikan visibilitas penuh atas aktivitas endpoint, termasuk aplikasi yang berjalan, perubahan konfigurasi, dan upaya akses yang mencurigakan. Hal ini memungkinkan deteksi dini dan tanggapan yang tepat terhadap ancaman siber.


4. Analisis Lanjutan terhadap Ancaman

EDR dilengkapi dengan kemampuan analisis lanjutan yang dapat membantu mengidentifikasi taktik, teknik, dan prosedur yang digunakan oleh penyerang. Informasi ini dapat digunakan untuk mengembangkan strategi keamanan yang lebih baik dan meningkatkan pertahanan.


5. Proteksi Endpoint yang Komprehensif

NGAV dan EDR memberikan perlindungan yang komprehensif dan lapisan ganda untuk endpoint, dengan NGAV yang bertanggung jawab untuk mencegah serangan dan EDR untuk mendeteksi dan merespons serangan yang berhasil melewati pertahanan awal.


6. Memperkuat Keamanan dalam Proses Transformasi Digital

Dalam transformasi digital, perangkat endpoint menjadi lebih kompleks dan berperan penting dalam operasi bisnis sebuah organisasi. NGAV dan EDR membantu memperkuat keamanan perangkat ini, memastikan data sensitif dan sistem tetap aman, dan mengurangi risiko kebocoran data atau akses yang tidak sah.


Dengan menggabungkan NGAV dan EDR dalam strategi keamanan endpoint, organisasi dapat meningkatkan tingkat keamanan mereka dalam menghadapi ancaman siber yang semakin kompleks di era transformasi digital. Perlindungan yang komprehensif dan respons yang cepat terhadap serangan menjadi kunci untuk menjaga keamanan dan kesinambungan bisnis dalam perubahan yang cepat dan kompleks di transformasi digital ini.


Prima Cyber Solusi menyediakan solusi NGAV dan EDR yang cocok untuk bisnis organisasi kamu. Kamu bisa menyesuaikan kebutuhan kamu dengan solusi ini. Kamu ingin tau lebih lanjut mengenai NGAV dan EDR? Jangan ragu untuk menghubungi Minpri dengan klik link ini.



Kommentare


bottom of page