top of page

Bahaya dan Pencegahan Phishing

Dalam era di mana teknologi semakin berkembang, ancaman keamanan cyber seperti phishing menjadi masalah yang semakin meresahkan. Serangan phishing bisa terjadi melalui email, website clone, atau sosial media yang tampak seperti asli. Artikel ini akan membahas dampak berbahaya dari serangan phishing dan cara mencegah serangan ini bagi pengguna internet.


Ilustrasi Bahaya Phishing
Ilustrasi Dari Phishing

Mengapa Perlu Pencegahan Phishing?

Phishing bukan hanya tindakan penipuan daring biasa. Ini adalah serangan cyber yang merusak dengan dampak serius pada individu dan perusahaan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pencegahan phishing sangat penting dan perlu hingga dampak dari phishing apabila tidak dicegah sedini mungkin:

  1. Kerugian Finansial Phishing sering kali mengarah pada pencurian informasi keuangan, seperti nomor kartu kredit dan kata sandi perbankan. Dampaknya bisa sangat merugikan secara finansial bagi korban.

  2. Ancaman Terhadap Bisnis Bagi perusahaan, serangan phishing dapat merusak reputasi dan mengancam keberlanjutan bisnis. Informasi rahasia yang dicuri dapat digunakan untuk merugikan perusahaan secara serius sehingga dapat berdampak sangat buruk terhadap keberlanjutan bisnis.

  3. Pencurian Data Penting Pribadi Penyerang phishing dapat menggunakan informasi yang diperoleh untuk pencurian identitas, mengakibatkan kehilangan data pribadi yang mungkin sulit atau bahkan tidak mungkin dikembalikan.


Bagaimana Cara Pencegahan Phishing?


  1. Waspada Terhadap Tautan Link di Email Jangan klik tautan atau lampiran dari email yang mencurigakan atau tidak dikenal. Perhatikan ejaan yang tidak tepat, alamat email yang mencurigakan, dan pesan yang mendesak Anda untuk mengambil tindakan cepat.

  2. Periksa Keamanan Situs Web Sebelum memasukan data kedalam suatu situs apapun itu, perhatikan dan pastikan website tersebut menggunakan protokol keamanan HTTPS dan memiliki sertifikat SSL yang sah, ini pertanda bahwa website tersebut aman untuk dikunjungi.

  3. Verifikasi Pengirim Email Periksa alamat email pengirim dengan hati-hati. Serangan phishing sering mencoba menyamar sebagai organisasi atau individu terpercaya. Jika Anda ragu, verifikasi keaslian dengan menghubungi pihak yang bersangkutan melalui saluran komunikasi yang terpisah.

  4. Perbarui Kata Sandi Secara Berkala Gantilah kata sandi secara berkala dan hindari penggunaan kata sandi yang mudah ditebak. Gunakan kombinasi huruf, angka, dan karakter khusus untuk meningkatkan keamanan. (Contoh : P4SsWorD123)

  5. Edukasi Diri dan Organisasi Anda Tingkatkan pengetahuan tim Anda tentang praktik keamanan siber dan ancaman phishing. Adakan pelatihan rutin untuk membantu mereka mengidentifikasi dan menghindari serangan phishing.

  6. Investasikan Perusahaan dengan Cyber Security Saat ini, semakin banyak dan meningkat ancaman cyber security yang tidak terbatas hanya phishing saja. Oleh karena itu, penting perusahaan memiliki sistem keamanan yang mengumpuni demi menghindari tindak kejahatan cyber. Prima Cyber Solusi dengan berbagai produk unggulan seperti KnowBe4 Security Awareness Training (SAT) dapat membantu organisasi, lembaga atau bisnis anda untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan cyber security seperti phishing.

Phishing bukan sekadar ancaman siber sehari-hari, melainkan adalah bahaya serius yang dapat merusak dan merugikan anda. Prima Cyber Solusi menyediakan produk dan servis KnowBe4 SAT untuk melindungi organisasi, lembaga atau bisnis anda dari dampak berbahaya serangan phishing. Melalui teknologi, edukasi, dan kesadaran, kami memastikan bahwa organisasi, lembaga atau bisnis anda dapat menjelajahi dunia digital dengan aman.


Jika organisasi, lembaga atau perusahaan anda membutuhkan pelatihan serangan phishing, silahkan hubungi sales@primacs.co.id untuk konsultasi cyber security.

305 views0 comments

Comentarios


bottom of page