top of page

Mengapa 72% Gen Z di Indonesia Tidak Dapat Mengidentifikasi Serangan Phishing

Dalam era digital yang semakin kompleks, Generasi Z yang tumbuh dalam dunia teknologi, menghadapi masalah keamanan cyber yang cukup rumit. Sebuah angka yang mengejutkan menunjukkan bahwa 72% dari Gen Z kesulitan mengidentifikasi serangan phishing. Artikel ini akan menggali mengapa hal tersebut bisa terjadi dan mengapa kesadaran akan keamanan cyber bagi segala kalangan khusunya generasi Z ini sangat penting.


Ilustrasi Gen Z
Ilustrasi Gen Z

Mengutip dari Kaspersky, generasi Z sangat rentan dengan serangan phihsing salah satunya karena sikap oversharing mereka dalam dunia digital, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sebesar 72% Generasi Z tidak dapat mengidentifikasi cara mengidentifikasi phihsing, hal ini menyebabkan Generasi Z rentan dan menjadi sasaran empuk dalam tindak serangan phihsing. Lalu, mengapa Gen Z semakin rentan akan hal ini? Minpri akan menjabarkan secara lengkap pada artikel ini.


  1. Pengaruh Media Sosial Dengan tingginya intensitas penggunaan media sosial, Gen Z sering kali terpapar pada tautan dan informasi palsu. Penjelasan mengenai bagaimana kebiasaan online ini dapat meningkatkan risiko Gen Z jatuh kepada tindakan cyber attack salah satunya adalah phishing.

  2. Kurangnya Perhatian Terhadap Cyber Security Kurangnya kepedulian Gen Z terhadap keamanan cyber juga dapat menjadi penyebab kurangnya identifikasi phishing. Dalam dunia digital seperti sekarang ini, sangat penting untuk terus meningkatkan awareness tidak hanya Gen Z, melainkan seluruh generasi yang menggunakan teknologi digital.

  3. Teknologi Sebagai Dua Sisi Pedang Walaupun Gen Z dapat dibilang lebih terampil dalam menggunakan teknologi terkini, pemahaman mereka tentang risiko cyber mungkin terbatas dikarenakan kurangnya awareness mereka terhadap dampak dari cyber attack terkhususkan tindakan phishing. Perlu adanya upaya untuk meningkatkan literasi teknologi, memastikan bahwa mereka tidak hanya mahir dalam penggunaan teknologi tetapi juga paham tentang cyber security merupakan hal yang sangat krusial saat ini.

Solusi Untuk Mengurangi Risiko Serangan Phishing

Prima Cyber Solusi, sebagai salah satu penyedia solusi Cyber Security di Indonesia, memiliki cara untuk meningkatkan kesadaran SDM dalam organisasi, perusahaan maupun lembaga yaitu KnowBe4 Security Awareness Training (SAT). Dengan berbagai fitur menarik seperti template phish dengan 15.000+ phishing simulation, random attack delivery, risk scoring, dan lain sebagainya yang dapat membantu perusahaan anda untuk mengurangi berbagai risiko terjadinya serangan phishing.


Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi tim sales kami di sales@primacs.co.id atau melalui fitur chat pada website Prima Cyber Solusi.

63 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page