top of page
  • Writer's picturePRIMO

Manfaat Menggunakan SOC as a Service



Hallo Primo CS...

Pada artikel sebelumnya, Minpri sudah membahas mengenai perbandingan SOC In-House dan SOC as a Service. Nah, kali ini Minpri akan membahas mengenai apa sih sebenarnya manfaat dari SOC as a Service untuk sebuah organisasi?


Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, membangun SOC In-House pada sebuah organisasi membutuhkan biaya dan sumber daya yang besar dan memadai. Dan banyak organisasi terutama organisasi dengan skala kecil-menengah jadi kewalahan karena tidak memiliki dua hal tersebut. Oleh sebab itu SOC as a Service menjadi salah satu alternatif yang efektif dan efesien bagi organisasi-organisasi tersebut.


Berikut beberapa manfaat dari menggunakan SOC as a Service pada organisasi:


1. Better Protection

SOC as a Service akan membantu kamu dalam mengidentifikasi ancaman yang mungkin tidak terdeteksi oleh tim keamanan internal kamu. Tim SOC as a Service juga akan memberikan rekomendasi tentang tindakan yang perlu diambil atau dilakukan untuk mengurangi resiko keamanan.


2. Less Cost

Dengan menggunakan SOC as a Service, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk merekrut dan melatih sumber daya tim keamanan internal. Oleh karena itu, SOC as a Service menjadi pilihan alternatif bagi organisasi kecil dan menengah yang tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk memiliki tim keamanan internal sendiri.


3. Keeping You Focused on Your Core Business

Jika kamu menggunakan SOC as a Service sebagai pilihan untuk menjaga keamanan organisasi kamu, kamu bisa fokus pada bisnis kamu dan meningkatkan produtivitas karyawan. Kamu tidak perlu khawatir dan menyediakan energi lebih untuk mengelola tim keamanan internal atau memperbaharui software keamanan kamu.


4. An Advanced Team with Up-to-Date Technology

Tim SOC as a Service sudah dilengkapi dengan keahlian dan teknologi yang canggih dan terkini, sehingga dengan menggunakan SOC as a Service kamu tidak perlu khawatir karena sistem keamanan kamu sudah aman terlindungi oleh teknologi terbaru dan praktik keamanan terbaik.


5. Provide a Report and Analysis

Tim SOC as a Service akan memberikan laporan keamanan secara reguler dan hasil analisis ancaman keamanan yang mungkin kamu alami serta masukkan mengenai tindakan yang diperlukan untuk mengurangi resiko. Ini bisa membantu kamu memahami tingkat keamanan sistem kamu dan membantu kamu mengambil tindakan yang tepat untuk memperkuat keamanan organisasi kamu.


6. Reduce Respond Time

Tim SOC as a Service akan merespon serangan keamanan yang terjadi di environment organisasi kamu secara cepat, tepat dan efektif. Ini akan membantu mengrangi jeda bisnis yang terjadi karena serangan tersebut dan meminimalisir dampak serangan keamanan yang terjadi pada operasi bisnis kamu.


7. Long-lasting Security

Tim SOC as a Service akan melakukan pemantauan keamanan secara kontinuitas dan menerapkan tindakan keamanan yang diperlukan. Hal ini akan membantu menjaga sistem keamanan kamu tetap aman dari ancaman keamanan terbaru yang mungkin terjadi kedepannya.


Nah, itu lah beberapa manfaat dari menggunakan SOC as a Service pada organisasi kamu. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Kamu bisa langsung menghubungi Minpri dengan klik link ini ya Primo CS.

bottom of page