Pentingnya Perlindungan Data Pribadi

Updated: Sep 28



Kita semua tahu bahwa saat ini, seluruh hal yang ada di dalam kehidupan mulai berjalan beriringan dengan teknologi. Mulai dari internet muncul untuk memberikan kemudahan mendapatkan informasi, hingga perkembangan mobil listrik yang bisa berjalan sendiri dari Tesla. Semua hal tersebut, selalu berkaitan dengan percepatan, perkembangan dan pembaharuan entah individu ataupun organisasi.


Dengan kemudahan dan segala akses yang mudah untuk di dapatkan, menjadikan dunia digital menjadi “dunia fantasi” yang menyenangkan untuk terus ditelusuri. Tetapi layaknya kehidupan, pasti akan ada kejahatan di dalamnya. Tidak terkecuali dunia digital yang selalu di intai dengan keberadaan para hacker yang siap untuk melakukan peretasan dan pengambilan data.


Indonesia menjadi salah satu negara yang paling rentan terhadap tindak kejahatan melalui digital (siber). Menurut data yang dihimpun oleh Badan Siber dan Sandi Negara ada 48 kasus peretasan pada bulan April tahun 2020. Melihat dari kasus tersebut, ini menindikasikan bahwa masih awamnya masyarakat Indonesia terhadap perlindungan data pribadi dan keamanan digital.


Memangnya apa pentingnya data pribadi? Dan mengapa harus ada perlindungannya? Jawabannya adalah sangat penting. Dikarenakan data pribadi merupakan hak privasi dari seseorang yang harus dijaga oleh sebuah organisasi, bisnis bahkan negara. Hal tersebut perlu dilindungi dikarenakan apabila data tersebut dimiliki oleh orang lain, maka akan dengan mudah dimanfaatkan oleh kepentingan orang tersebut.


Kasus saldo rekening hilang dengan sendirinya, penipuan pinjaman online dan lain lain merupakan segelintir kejahatan yang sering terjadi secara langsung. Tetapi bagaimana data dan informasi pribadi tersebar? Nomor telfon, email, bahkan file penting yang ada di dalam laptop, PC ataupun handphone? Pasti kalian pernah mendapatkan kiriman SMS yang memberikan jasa pinjaman ataupun email yang mengatas namakan lembaga dan perusahaan.

Rasa tidak nyaman dan aman akan tentu saja akan terbentuk dengan adanya hal tersebut. Maka dari itu pentingnya perlindungan data pribadi. Terlebih apabia kalian merupakan seseorang yang memiliki bisnis dan diharuskan untuk menjaga kerahasiaan dari seluruh customer. Apabila data customer tersebut bocor kepada khalayak umum, itu akan menurunkan kredibilitas bisnis yang sedang kalian jalankan.


Tidak banyak cara yang dapat dilakukan untuk memulihkan data yang telah bocor diakibatkan dengan peretasan oleh hacker. Tetapi kita dapat meminimalisir kemungkinan tersebut dengan menggunakan Cyber Security sebagai penjaga pertama dan utama dalam ketahanan sistem teknologi bisnis yang sedang dikelola.


Melihat kebutuhan tersebut, PRIMA CYBER SOLUSI sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang Cyber Security memberikan solusi untuk kebutuhan keamanan sistem bisnis kalian. Dengan menjunjung tinggi Integritas, Tranparansi dan Kepercayaan, kami dapat mengakomodasi keseluruhan kebutuhan keamanan bisnis kalian.


We Are Prima, We Are Ready To Secure Your Business. Perihal solusi yang akan kalian dapatkan. Kalian bisa hubungi kami via email marketing@primacs.co.id dan terus tetap dapatkan informasi tentang produk kami dengan sign up email kalian pada website kami.

7 views0 comments