top of page

Perbedaan Antara ICS, OT dan SCADA Security

Updated: Apr 19


Ilustrasi industri

ICS, OT dan SCADA Security sangat erat kaitannya antara satu dengan lainnya karena tugasnya adalah melindungi sistem yang menjalankan infrastruktur penting pada industri, baik itu industri migas, tambang, dan lain sebagainya. Namun, dilain sisi, ketiganya memiliki perbedaan yang mendasar yang akan Minpri bahas terkait perbedaan ICS, OT dan SCADA Security pada artikel kali ini, jadi disimak terus artikelnya ya PrimoCS!


ICS memiliki tugas untuk memastikan keamanan mesin dan data, OT Security seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, bertugas untuk menjaga sistem sedangkan SCADA berfokus pada kontrol waktu real-time dan juga keselamatan dan keamanan lingkungan. ICS, OT dan SCADA memastikan terjaganya keutuhan, keamanan, dan sistem kontrol real-time dari sistem operasional, sistem industrial, dan sistem pelayanan publik.


Industrial Control System Security (ICS Security)


Ilustrasi Industrial Control System (ICS)
Ilustrasi ICS

Industrial Control System Security (ICS Security) sangat berkaitan erat dengan perlindungan sistem industrial seperti perangkat lunak dan perangkat keras yang dirancang khusus untuk mengawasi dan mengelola proses pada berbagai industri. Sistem pada ICS merupakan bagian tak terpisahkan dari industri seperti pembangkit listrik, manufaktur, dan infrastruktur-infrastruktur penting lainnya. Langkah-langkah yang diterapkan tentu dirancang dan dibuat khusus untuk menjaga sistem yang berharga ini dari serangan dunia siber yang kian marak, menjaga integritas data hingga keselamatan serta pengoperasian mesin yang terus bekerja.


Risiko keamanan pada ICS tidak hanya membahayakan integritas data namun dilain sisi juga dapat mengganggu proses industri, yang menganggu operasional, finansial bahkan mengancam keselamatan jiwa seseorang. Tindakan mengamankan ICS adalah langkah yang tepat, karena hal ini dapat menjadi langkah preventif dan responsif. Pendekatan ini memastikan potensi ancaman dapat diidentifikasi dan dimitigasi sebelum berdampak kepada sistem lebih besar.


Operational Technology Security (OT Security)


Ilustrasi Operational Technology (OT)
Ilustrasi OT

OT Security meliputi penerapan langkah-langkah dan kontrol untuk melindungi operational technology (OT) dari ancaman keamanan siber yang kian kompleks. Sistem tersebut mengotomatisasikan dan mengelola seluruh proses industri yang dilengkapi dengan perangkat lunak khusus.


Dahulu, sebetulnya terisolasi dari dan kebal dari ancaman siber. Namun, semakin berkembangnya pada aset OT dan sudah dapat terhubung dengan jaringan yang dapat mempermudah pekerjaan, namun dilain sisi ini menjadi bahaya sendiri karena membuat OT rentan terhadap serangan siber seperti malware dan juga ransomware yang dapat membahayakan operasional pada berjalannya industri dan bisnis.


Supervisory Control and Data Acquisition Security (SCADA Security)


Ilustrasi Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA)
Ilustrasi SCADA

Supervisory Control and Data Acquisition Security (SCADA Security) berfokus pada perlindungan dan tindakan pengamanan SCADA yang mengotomatisasi juga mengelola proses pada industri yang kompleks. Jaringan SCADA ini sangat vital pada berjalannya operasional seperti utilitas, manufaktur, dan transportasi. Sistem SCADA dirancang untuk mengumpulkan data real-time, memonitor proses, hingga mengontrol operasional.


Konsukuensi yang berpotensial dari celah SCADA sama saja seperti yang berpotensi menyerang ICS maupun OT, seperti gangguan operasional, finansial, hingga keselamatan lingkungan. Sistem ini mengontrol dan memantau layanan penting seperti perairan, listrik, dan moda transportasi. Oleh karenanya, keamanan SCADA harus dijaga sedemikian rupa agar terhindar dari risiko keamanan siber yang ada.

Perbedaan ICS, OT, dan SCADA Security


OT Security berfokus kepada pengamanan sistem yang mengelola, memonitor, dan mengotrol operasional pada industri, terutama dalam peningkatan konektivitas dan pengintegrasian dengan sistem IT. Hal ini mencakup ICS dan juga SCADA yang melindungi orang, proses, dan keuntungan dari ancaman keamanan siber.


ICS Security justru lebih terspesialisasi, yang secara khusus berfokus pada sistem yang secara langsung mengendalikan proses dan sistem yang terdapat dalam industri. Oleh karenanya, setiap komponen yang terdapat dalam ICS mulai dari PLC hingga HMI memerlukan langkah keamanan yang disesuaikan untuk menangkal ancaman berbahaya karena terintegrasi satu sama lainnya.


SCADA Security merupakan bagian keamanan dari ICS, yang berfokus pada sistem yang digunakan untuk data real-time dan layanan penting yang ditopang.


Perbedaan OT, ICS, SCADA Security
Sumber: Palo Alto Networks

SCADA Security mengacu pada sistem yang digunakan untuk pengumpulan dan kontrol data waktu nyata pada tingkat proses. OT Security mencakup teknologi dan sistem yang lebih luas yang mengelola operasi industri, termasuk sistem SCADA Security. ICS Security mengacu pada perangkat keras dan perangkat lunak terintegrasi yang dirancang untuk memantau dan mengendalikan proses industri.


Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di marketing@primacs.co.id atau kunjungi landing page ICS/OT Security dengan klik link tombol dibawah ya PrimoCS!






Comentarios


bottom of page