Keamanan pada Operation Technology Perusahaan, Penting ga penting?


Beberapa waktu yang lalu kami telah membahas mengenai pentingnya penggunaan teknologi pada industri manufkatur, kali ini kami akan membahas mengenai implementasi keamanan dalam Operations Technology (OT) yang ada di dalam perusahaan manufaktur.


Seperti yang kita ketahui bahwa seluruh perusahaan di dalam industri manapun diharuskan untuk menggunakan teknologi di dalam kegiatannya. Selain untuk mempercepat kinerja produksi perusahaan, dengan penggunaan teknologi perusahaan dapat melakukan efisiensi waktu dan ketepatan pembuatan produk.


Penggunaan teknologi ini pula diperlukan oleh perusahaan, dikarenakan untuk mengejar kebutuhan dari pasar atas barang-barang atau produk yang diminta. Penggunaan teknologi ini membuat perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lain dalam memenangkan pasar.

Melihat pentingnya penggunaan teknologi di dalam perusahaan, tentu saja diperlukan maintanance khusus dalam keamanan sistem tersebut. Keamanan sistem untuk OT yang dimaksud adalah dengan melakukan implementasi Nozomi Networks.


Apa itu Nozomi Networks?


Nozomi Networks merupakan perusahaan yang berfokus sebagai penyedia solusi keamanan OT dan IoT. Nozomi Networks fokus dalam mendapatkan seluruh informasi mengenai aset OT yang terdapat pada infrastruktur OT. Jadi, dengan melakukan monitoring secara langsung & menyeluruh terhadap aset OT dan IoT tersebut, hal ini dapat meningkatkan kesigapan sebuah perusahaan terhadap kondisi anomali yang terjadi pada infrastruktur OT mereka. Nozomi Networks dapat melakukan deteksi terhadap semua jenis cyber-threats, kerentanan dan resiko dari anomali yang muncul/terjadi.


Lalu serangan apa saja yang bisa terjadi pada perusahaan?

  • Unauthorized Access to Computer System and Service: Kejahatan yang dilakukan dengan menyusup kedalam suatu sistem jaringan komputer. Sehingga dapat melakukan pencurian informasi dan data penting perusahaan.

  • Illegal Contents: Kejahatan yang dilakukan dengan cara memasukan data dan informasi kedalam internet mengenai sebuah perusahaan ataupun bisnis. Sehingga dapat menjadi krisis kepercayaan kepada customer dan stakeholders.

  • Cyber Espionage: Kejahatan yang memanfaatkan jaringan internet dengan melakukan kegiatan mata-mata pada pihak yang dituju, dengan memasuki sistem jaringan komputer.

  • Cyber Sabotage and Extortion: Kejahatan yang paling sering dilakukan kepada perusahaan dan bisnis. Kejahatan ini meliputi gangguan, perusakan bahkan penghancuran terhadap suatu data, program komputer ataupun sistem jaringan dengan menggunakan Malware.

  • Cracking: Kejahatan dengan merusak sistem keamanan suatu sistem komputer untuk mendapatkan data dan informasi penting dari perusahaan tersebut. Biasanya apabila hal ini berhasil, maka data dan informasi yang telah di dapatkan akan di jual secara masal dengan harga jual yang tinggi.

Dari seluruh penjelasan diatas, perlu dilihat betapa pentingnya keamanan Cyber pada perusahaan. Maka dari itu Prima Cyber Solusi, sebagai perusahaan yang bergerak dalam Cyber Security berfokus untuk memberikan solusi-solusi terbaik dalam pencengahan serangan dan ancaman kejahatan dari para hacker.


Prima Cyber Solusi telah memiliki ISO 9001 dan ISO 27001 yang teverifikasi dalam manajemen mutu dan keamanan sistem informasi. Sehingga Prima Cyber Solusi merupakan perusahaan yang tepat untuk mengimplementasikan keamanan Cyber pada perusahaan Anda. Hubungi langsung sales@primacs.co.id untuk informasi lebih lanjut dan follow juga seluruh social media Prima Cyber Solusi untuk mengetahui update terkini mengenai keamanan sistem informasi.

0 views0 comments