• PRIMO

Peran Penting Teknologi dalam Industri Manufaktur!


Perkembangan teknologi merupakan hal yang sangat penting di tahun 2021 ini. Dengan penggunaan teknologi yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan produktifitas. Peningkatan tersebut menjadi sebuah hal yang utama bagi industri manufaktur. Ada banyak solusi terkait dengan teknologi yang dapat diimplementasikan di dalam perusahaan manufaktur, seperti Artificial Intelligence, IoT, hingga ERP.


Mengapa ini menjadi penting bagi perusahaan manufaktur? Selain karena peningkatan produktifitas yang didapatkan, dengan penggunaan teknologi pula perusahaan akan mendapatkan hasil yang cepat dengan tingkat efisiensi yang tinggi. Bagi perusahaan manufaktur, efisiensi menjadi hal yang penting bukan hanya karena meminimalisir terjadinya human eror tetapi juga dapat memangkas waktu produksi sehingga kebutuhan pasar dan stok tetap terjaga.


Lalu mengapa ketiga teknologi tersebut menjadi penting untuk diimplementasikan?


1. Artificial Intelligence (AI)


Artificial Intelligence adalah simulasi kecerdasan manusia dalam program mesin sehingga mesin yang tersebut dapat berjalan secara otomatis dengan melakukan rasional dan tindakan secara langsung untuk mendapatkan tujuannya. Teknologi ini menjadi sangat penting bagi perusahaan manufaktur saat ini, dikarenakan teknologi ini dapat mengelola data, menghasilkan data dengan cepat dan meningkatkan efisiensi dengan rasionalitas yang telah disesuaikan. Sehingga AI menjadi teknologi yang penting dalam industri manufaktur.


2. Internet of Things (IoT)


Pada dasarnya IoT adalah konsep atau program yang dibuat untuk melakukan pengiriman terhadap data tanpa penggunakan perangkat. Bagaimana cara IoT dalam mengirimkan data tersebut? Dengan menggunakan radio frequency, teknologi nirkabel, internet dan sensor. Dengan penerapan IoT, perusahaan dapat mempersingkat waktu produksi dengan digitalisasi berbasis cloud yang sangat efisien.


3. Enterprise Resources Planning (ERP)


ERP adalah software yang memilikii fungsi untuk dapat mengelola dan melakukan integrasi terhadap aktivitas operasional dalam perusahaan. Aktivitas tersebut mencakup pengelolaan keuangan, produksi, project, hingga sumber daya manusia. Dengan ERP, perusahaan mendapatkan tingkat efisien dan keakuratan yang lebih tinggi dikarenakan data yang terkumpul akan masuk secara otomatis kedalam sistem. Sehingga kebutuhan mengenai ERP ini menjadi hal yang sangat penting untuk dapat diterapkan di dalam industri manufaktur.

Dengan penggunaan ketiga teknologi tersebut, membuat perusahaan Anda akan semakin efisien dalam sisi waktu dan juga akurat dalam sisi produksi. Tetapi sangat disayangkan bahwa dengan penggunaan teknologi tersebut, secara tidak langsung juga dapat meningkatkan kerentanan di dalam keamanan perusahaan.


Patut diketahui bahwa dengan perkembangan dan penggunaan teknologi, perusahaan menjadi sangat rentan terhadap serangan dan kejahatan yang dapat ditimbulkan dari ulah hacker. Dikarenakan dengan penggunaan teknologi tersebut, membuka pintu bagi para hacker untuk mencari celah keamanan untuk di susupi. Menilik kebelakang bahwa ada banyak kasus perihal kebocoran data ataupun perusakan sistem yang terjadi di beberapa perusahaan, khususnya Indonesia.


Kasus yang paling heboh adalah ketika kebocoran data yang terjadi pada perusahaan sekelas Tokopedia dan juga institusi negara yaitu BPJS Kesehatan. Kedua perusahaan tersebut kecolongaan dari sisi keamanan Cyber mereka, sehingga hacker berhasil masuk dan meretas database besar mereka. Sedangkan dalam kasus industri manufaktur, kasus paling jelas adalah kasus yang terjadi pada Program Nuklir Iran yang berhasil diretas melalui malware Stuxnet. Dengan malware tersebut, program Nuklir Iran berhasil dihentikan sehingga tidak berjalan normal.


Muncul pertanyaan, di dalam industri manufaktur jarang sekali menggunakan jaringan internet, lalu bagaimana bisa hal tersebut terjadi? Jawabannya adalah sistem. Seluruh perusahaan yang bergerak dalam industri manufaktur memiliki mesin-mesin dengan sistem yang telah disesuaikan oleh para engineer. Hacker bisa masuk kedalam sistem tersebut dengan hitungan menit.


Penggunaan teknologi memiliki tujuan untuk meningkatkan produktifitas dan efisiensi perusahaan, tetapi juga diperlukan untuk memberikan keamanan lebih pada teknologi dan mesin perusahaan. Prima Cyber Solusi merupakan perusahaan yang dapat memberikan keamanan lebih terhadap sistem yang ada di dalam perusahaan Anda. Dengan solusi-solusi terbaru dalam peningkatan keamanan perusahaan dari sisi Cyber ataupun teknologi. Hubungi langsung tim sales kami melalui sales@primacs.co.id untuk informasi lebih lanjut dan penjelasan mengenai solusi yang dapat kami berikan kepada perusahaan Anda.


Sources:

34 views0 comments