top of page
  • Writer's picturePRIMO

Menguak Keunggulan XDR dalam Keamanan Cyber: Lebih dari Sekadar EDR


XDR lebih dari sekedar EDR

Perkembangan teknologi yang membawa kita kepada transformasi digital juga turut membuat ancaman siber semakin kompleks dan terus berkembang. Dalam perjalanan yang tak henti-hentinya melawan ancaman siber, evolusi teknologi keamanan telah mengalami lonjakan yang luar biasa.


Dimulai dengan solusi antivirus yang menjadi fondasi pertahanan pertama melawan ancaman malware dan virus berbahaya. Kemudian dengan laju perkembangan serangan siber yang semakin kompleks, Endpoint Detection & Response (EDR) memasuki panggung unutk memberikan pandangan lebih mendalam dan respon yang lebih proaktif terhadap ancaman.


Perbedaan mendasar antara antivirus dan EDR terletak pada pendekatan dalam mendeteksi dan mengatasi serangan. EDR menganalisis perilaku yang mencurigakan dan memungkinkan deteksi dini melalui pemantauan aktif. Namun, semakin kompleksnya serangan dan penyebarannya di seluruh berbagai titik akhir memunculkan kebutuhan akan pendekatan yang lebih holistik. Inilah saat XDR, atau Extended Detection and Response, muncul sebagai evolusi lebih lanjut dari EDR.


XDR menghubungkan dan menganalisis data dari berbagai sumber di seluruh jaringan, menciptakan pandangan menyeluruh tentang ancaman potensial dan mengidentifikasi serangan terkoordinasi yang melibatkan berbagai perangkat. XDR bukan hanya tentang mengenali serangan yang terdeteksi, tetapi juga mengenali tanda-tanda awal serangan yang belum teridentifikasi dan melacak jejak serangan yang mungkin terlewat.


Dalam blog ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang apa itu XDR, bagaimana ia beroperasi, serta dampak revolusionernya dalam memastikan keamanan siber yang kuat dan adaptif di era digital yang terus berkembang.


Apa itu XDR?


XDR atau Extended Detection & Response, secara otomatis melihat data di berbagai lapisan keamanan – email, server, cloud, endpoint dan jaringan – untuk mendeteksi masalah dengan cepat. Beberapa ancaman mencoba menghindari deteksi sambil menginfeksi sistem secara perlahan. Hal ini menyebabkan tim IT Security mencoba melakukan penilaian dan menyelidiki masalah saat masalah tersebut menyerang berbagai jaringan bisnis. XDR telah berevolusi untuk mengambil pendekatan yang lebih luas untuk menemukan ancaman ini, melihat gambaran yang lebih besar di berbagai lapisan keamanan. Mengotomatiskan ini secara keseluruhan memungkinkan analis untuk mendeteksi ancaman lebih cepat dan mengambil tindakan cepat saat mereka menyelidikinya.


Bagaimana Cara kerja XDR?


XDR memantau berbagai aliran data untuk memberikan gambaran umum dan analisis yang jelas dari semua lapisan keamanan. Ini membuat kapabilitas keamanan yang kompleks menjadi lebih mudah diakses oleh tim IT Security dengan mengotomatiskan dan menyederhanakan proses-proses ini.


Sekalipun seorang analis mungkin dapat melihat alert spesifik atau titik data tertentu untuk mendapatkan informas, hal ini tidak memberikan hasil yang cukup luas. XDR dapat membantu dengan cara mengotomatiskan analisis penyebab utama untuk menunjukkan timeline yang jelas dan jalur ancaman di seluruh email, endpoint, server, cloud wokloads, dan networks. Hal ini memungkinkan analis untuk mengkaji ancaman dan mengambil tindakan yang tepat.


Manfaat XDR


Manfaat XDR sangat banyak karena mampu melihat berbagai lapisan keamanan untuk lebih memahami ancaman. Beberapa diantaranya seperti:

  • Identifikasi ancaman secara proaktif

  • Lacak ancaman di seluruh organisasi

  • Meningkatkan produktivitas

  • Menyimpulkan penyelidikan lebih efisien

  • Kurangi mean-time-to-detect (MTTD) dan mean-time-to-respond (MTTR)

  • Tingkatkan kemampuan deteksi dan respons

  • Turunkan investasi waktu dan biaya dari solusi lain.


Dari serangan yang sederhana hingga serangan yang sangat kompleks dan tekoordinasi, perlindungan siber harus terus beradaptasi. XDR dengan segala keunggulan yang dimilikinya muncul sebagai solusi yang telah terbukti bahwa ia bukan sekedar evolusi dari EDR, namun sebuah langkah untuk menuju pertahanan siber yang leih kokoh. Kemampuan XDR untuk mendeteksi serangan yang terdeteksi dan tidak terdeteksi, serta kemampuan untuk merespons secara cepat, menjadikannya senjata yang kuat dalam melindungi dunia digital kita.


Dengan begitu, mari bersama-sama kita memanfaatkan keunggulan XDR untuk menggapai masa depan digital yang lebih aman dan lebih cerah. Kalau kamu masih mencari tau keunggulan dan solusi XDR apa yang tepat buat kamu, kamu sudah berada ditempat yang tepat. Kamu hanya perlu klik link ini untuk langsung merasakan experience keunggulan XDR secara langsung.



Sources:


bottom of page