• PRIMO

Implementasi Teknologi pada Industri Migas, Penting ga penting?



Ada banyak perbincangan mengenai penerapan teknologi di dalam industri Minyak dan Gas. Seperti dua sisi mata uang, penerapan teknologi seakan-akan menjadi kebutuhan yang penting tetapi tetap diperdebatkan.


Apabila melihat sistem dan program kerja di dalam industri tersebut, memang penerapan teknologi merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Manfaatnya bukan hanya untuk efisiensi produktifitas, tetapi juga memudahkan pekerjaan dalam pemantauan dan pengimputan data.


Disisi lain, banyak orang yang menyatakan bahwa penerapan tersebut hanya menghamburkan uang perusahaan. Memang benar, dan tidak ada salahnya mengenai pernyataan tersebut. Tetapi apakah mobil supercar akan terus dibandingkan dengan kendaraan tradisional?


Digitalisasi dan penerapan teknologi merupakan keharusan bagi seluruh perusahaan. Bukan hanya yang bergerak dalam industri Minyak dan Gas, tetapi seluruh industri. Contoh nyata adalah keberhasilan Petronas dalam mengimplementasikan teknologi dan digitalisasi sistem perusahaan mereka.


Dengan mengimplementasikan teknologi, Petronas berhasil mendapatkan tingkat efektivitas dan efisiensi produktifitas perusahaannya. Bukan hanya dalam jangka pendek, namun jangka panjang. Dengan digitalisasi pula, Petronas dapat memangkas biaya produksi mereka.


Head of Upstream Digital Petronas, Shaharuddin Hamid Mustapha pada CNBC Indonesia mengatakan bahwa "digitalisasi akan membantu mempercepat pengambilan keputusan, karena data telah diproses sedemikian rupa". Penerapan teknologi dan digitalisasi yang dilakukan Petronas adalah mengimplementasikan cloud sebagai pusat data perusahaan. Sehingga seluruh divisi dapat berkolaborasi dalam mengolah data yang telah tercatat.


Selain itu, Petronas juga menerapkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk meningkatkan keberhasilkan produksi. Dengan penerapan AI, sistem produksi dapat bekerja secara otomatis dan merasionalkan data yang didapatkan dari dalam program Minyak dan Gas. AI juga memberikan akurasi, kecepatan proses data dan menjadikan data lebih mudah untuk di baca. Sehingga pengambilan keputusan akan lebih mudah dilakukan oleh para BOD.


Dengan kedua penerapan teknologi tersebut, Petronas juga dapat meningkatkan keberhasilan sektor eksplorasi. Dengan ketepatan dalam kegiatan pengeboran, penerapan ini pula dapat membuat area yang tidak dapat di jangkau menjadi lebih mudah dirasionalisasikan sehingga Petronas dapat lebih mudah untuk menentukan cadangan Migas.


Bagaimana penerapan itu sendiri di Indonesia? Menurut Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa pada kontan.co.id, menjelaskan potensi industri Minyak dan Gas di Indonesia sangat besar tetapi mendapatkan tantangan yang sangat besar. Ini disebabkan oleh sebagian besar cadangan Minyak dan Gas di Indonesia terletak di kawasan perairan dan jauh dari daratan. Diakibatkan telak geografisnya yang sangat menantang ini membuat teknologi dalam pengolahan data untuk proses eksplorasi dan produksi Migas. Sehingga penerapan teknologi untuk industri Migas di Indonesia perlu dilakukan.


“Kalau data-data penunjang sudah komprehensif, penambang bisa menyesuaikan diri dengan teknologi yang dipakai untuk pengeboran. Jadi, tingkat kesuksesan hasil eksplorasi migas juga meningkat dan sesuai dengan prediksi,” ukapnya melalui kontan.co.id.


Jadi penerapan teknologi dalam industri Minyak dan Gas merupakan hal yang perlu dilakukan sejak dini, selain untuk mendapatkan efisiensi, penerapan ini juga menjadi cara perusahaan bersaing dengan perusahaan lain dan juga pemenuhan kebutuhan pasar.


Tetapi dengan penerapan teknologi ini, secara tidak langsung perusahaan perlu juga untuk mengimplementasikan Cyber Security. Kegunaannya bukan hanya untuk meminimalisir kerugian dari kejadian yang tidak diinginkan. Tetapi juga memastikan sistem produksi ataupun teknologi perusahaan tetap berjalan sesuai dengan harapan perusahaan.


Dengan mengimplementasikan Cyber Security perusahaan akan mendapatkan proteksi double dan juga memelihara data yang akan terus menerus mengalir di dalam sistem. Selain itu, penerapan Cyber Security juga dapat mengambil hati dari para stakeholders perusahaan. Dikarenakan perusahaan memberikan garansi keamanan lebih pada seluruh sistem yang ada di dalam perusahaan. Hubungi langsung sales@primacs.co.id untuk informasi lebih lanjut mengenai penerapan solusi Cyber Security pada perusahaan.


Sources:

8 views0 comments